Mobil Dinas Tonny Abbott Lebih Mewah dari Mercy Jokowi

Mercedes-Benz S600 Limousine.
Sumber :
  • www.autopower.com

VIVAnews - Perdana Menteri Australia, Tony Abbott turut menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin 20 Oktober 2014  kemarin. Usai bertemu untuk kali pertama, Abbott menyebut mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai tipikal pemimpin yang berkarisma.

Kisah Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh

Abbot, bahkan meyakini bahwa hubungan kedua negara akan lebih maju di bawah kepemimpinan Jokowi.

Namun, ada hal yang menarik perhatian jurnalis, kala Abbott menghadiri 'hajatan' lima tahunan itu. Untuk menghadiri pelantikan Jokowi, ia menggunakan sedan super mewah Mercedes-Benz S600 Limousine. Mobil ini, tentu lebih mewah ketimbang mobil dinas yang dipakai Jokowi untuk bertugas, yakni Mercedes-Benz S600 Guard.

Bicara Mercedes-Benz S600 Limousine, seperti dilansir Alpineco, mobil ini merupakan kendaraan mewah yang biasa dipakai untuk penunggang sekelas pejabat penting. Mobil ini memiliki seat kursi 2+2+2.

Yang unik, meski di negara asalnya Mercedes-Benz S600 Limousine memiliki ruang setir di sebelah kiri, mobil yang dipakai Abbott memiliki konfigurasi setir di sebelah kanan, seperti halnya di Indonesia.

Terpopuler: Mobil Pejabat Terkaya Versi LHKPN, Pemotor Emak-emak Berulah di Luar Negeri

Bicara jantung pacu, Mercedes-Benz S600 Limousine dibekali mesin V12 berkapasitas 5,5 liter. Mesin itu, kemudian dikawinkan dengan transmisi otomatis lima percepatan. Dengan mesin tersebut, sang Limousine dapat menyemburkan tenaga sekira 510 horse power pada putaran mesin 5.000 rpm.

Bicara spesifikasi, mobil ini mengadopsi perlindungan VR9. Perlindungan tersebut, yakni dapat menahan tiga tembakan dari senapan militer M60, M14, atau FAL-FN, serta tembakan senjata kecil seperi M16 dan 357 Magnum.

Mercedes-Benz ini disebutkan juga dapat memberikan perlindungan tahan terhadap fragmen yang muncul dari granat tangan, serta bahan peledak lainnya.

Selain pertahanan senjata, S600 Limousine tersebut juga menawarkan langkah-langkah keamanan lebih lanjut, seperti lapisan polikarbonat pada seluruh kacanya agar tidak pecah dan dapat melukai penghuninya.

Fitur keamanan tambahan termasuk ban run-flat, tanki bahan bakar 90L, dan sistem pemadam kebakaran otomatis.

Selain itu, mobil ini juga menggunakan ban Michelin PAX 245-700 R470 AC, sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela (beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik), serta Panic Alarm System tambahan.

Iran Serang Israel, WNI Diimbau Jangan Lakukan Perjalanan ke 2 Negara Itu

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya