Setengah Pemilik Mobil Baru Langsung Ganti Kulit Jok, Mengapa?

Interior Juke.
Sumber :
  • Foto: Dok Nissan.

VIVAnews - Setiap orang tentu senang menghabiskan banyak waktu di dalam mobil yang baru dibelinya. Namun sayang, banyak produsen mobil yang masih memberikan bungkus jok dengan bahan kain, atau fabric.

Alasan menekan harga jual, menjadi alasan mengapa banyak mobil baru yang dilepas ke konsumen hanya berbekal kain jok berbahan fabric. Kelemahan bahan ini ada pada pori-pori yang bisa jadi sarang debu dan kotoran.

Membersihkannya juga butuh waktu lama, agar kain benar-benar kering. Sebab, jika tidak bersih akan timbul bau apek yang mengganggu. Begitu pula, bila kain jok tidak dibersihkan, penumpang dapat terkena penyakit saluran pernapasan.

Itulah sebabnya, banyak sekali pemilik mobil baru yang langsung mengganti kain jok dengan bahan yang lebih mudah dibersihkan.

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

"Saat ini, setengah pemilik mobil baru langsung mengganti pelapis joknya setelah keluar dari diler," tutur Sutikno dari bengkel spesialis jok mobil DCARZ kepada VIVAnews, Selasa 21 Oktober 2014.

Menurutnya, kebanyakan jenis mobil yang datang ke DCARZ adalah tipe mobil keluarga dengan kisaran harga di bawah Rp200 juta, seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Nissan Evalia.

Mobil-mobil Low Cost and Green Car (LCGC) juga banyak yang mengganti pelapis joknya dengan bahan semi kulit. Alasan mereka, rata-rata karena mobil kerap digunakan untuk perjalanan jauh bersama keluarga, selalu ada kemungkinan jok terkena tumpahan minum, atau remah-remah makanan.

Untuk kelas di atas Rp250 juta, ada beberapa tipe mobil yang dibekali dengan pelapis jok berbahan kulit, sebagian sintetis, dan sebagian lagi kulit asli.

Beberapa tipe SUV yang masih menggunakan bahan kain yaitu Mitsubishi Pajero GLS dan GLX serta Nissan Juke. Namun, menurut Mitsubishi, meski masih memakai bahan kain, pemilik Pajero tidak khawatir joknya basah karena bahan kain yang digunakan dirancang untuk menolak air.

Laporan: Krisna Wicaksono

Baca juga:

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

(asp)

Ilustrasi meruqyah

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Ruqyah atau Rukyah merupakan metode pengobatan menggunakan doa pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (pandangan), sihir, rasa sakit, hingga gangguan jin.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024