Ingin Pasang Jok 'Kulit' Mobil Tapi Murah? Ini Referensinya

Ilustrasi interior jok kulit.
Sumber :
  • Foto: Dok Mercedes-Benz

VIVAnews - Antusiasme pemilik mobil untuk mengganti kain pelapis jok makin hari makin meningkat. Keinginan untuk tampil beda serta meningkatkan kenyamanan selama berkendara membuat pemilik mobil rela merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah.

Produsen bahan baku pelapis jok juga makin menjamur. Nama-nama seperti MBtech dan Murano banyak dicari konsumen karena harganya yang cukup terjangkau. Sedangkan merek Autoleder, meski peminatnya tidak sebanyak dua merek lainnya, namun cukup eksis di kendaraan tipe premium.

MBtech dan Murano menggunakan bahan yang disebut dengan semi kulit atau kulit sintetis. Bahan ini terkenal karena sifatnya yang tidak mudah menyerap air dan cenderung lebih nyaman dipakai sebagai pelapis jok.

“Banyak konsumen yang senang memakai bahan ini karena adem dan bisa bebas memilih warna. Teksturnya juga ada dua tipe, yang menyerupai kulit asli, dan yang bermotif kulit jeruk,” ujar Sutikno dari DCARZ, kepada VIVAnews, Selasa 21 Oktober 2014.

Sementara itu, lanjut dia, Autoleder memilih bahan dari kulit asli yang biasa digunakan oleh mobil-mobil premium seperti BMW dan Mercedes-Benz. Harganya yang jauh di atas kulit sintetis, dikatakan sebanding dengan kenyamanannya.

Sifatnya yang lebih lentur juga membuat bahan kulit asli lebih rapi saat dijahit dan dipasang di jok.

Ia menyarankan, bagi calon konsumen yang menginginkan pelapis jok dengan bahan yang mirip kulit asli, bisa memilih produk MBtech Carrera. Produk ini diklaim sebagai produk semi kulit dengan bahan premium yang mirip sekali dengan kulit asli, terutama dalam hal kelembutan teksturnya.

Ketebalannya juga bertambah dibanding tipe MBtech New Superior dan Camaro. Warna yang tersedia rata-rata warna elegan, seperti hitam, abu-abu, dan coklat. Namun, Carerra juga tersedia dalam tipe warna dengan aksen metalik sehingga penampilan interior dapat lebih kinclong.

Satu lagi, keunggulan Carrera adalah bahan ini sudah dilapisi dengan anti bakteri, sehingga kesehatan penumpang dapat lebih terjaga. Untuk harga pelapis jok mobil dua baris itu dibanderol Rp3,7 juta, sedangkan tiga baris Rp4,2 juta. (adi)

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

Laporan: Krisna Wicaksono

Baca juga:

Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

"5 korban rata-rata luka bakar ada di kepala, tangan, dan kaki. Setelah kita evakuasi langsung kita larikan ke RSUD Mampang Prapatan," ujar Kompol David Kanitero.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024