Beli Motor Bekas? Ini Tips Bedakan 'Barang' Asli atau Oplosan

Bursa motor bekas
Sumber :
  • Google

VIVAnews – Kehadiran motor bekas di pasaran tentu sangat membantu bagi calon konsumen yang memiliki anggaran kecil. Namun, meski membeli motor bekas, kualitas dan kondisi motor haruslah tetap diperhatikan.

Menurut Erwin Junia, Owner diler motor bekas Rabel di kawasan Rawa Belong, Palmerah, Jakarta Barat, hal ini perlu diteliti konsumen lantaran saat ini banyak penjual motor bekas yang nakal dengan mengoplos beberapa 'potongan tubuh' aslinya.

Lebih lanjut, Erwin menyatakan, oplosan suku cadang motor bekas ke motor lain memang kerap terjadi dan sudah bukan menjadi rahasia umum, hal itu dilakukan oknum penjual jahil untuk meraup untung yang berlipat.

“Pertama, khususnya motor Yamaha dan Honda keluaran terbaru, biasanya bagian shock depan berwarna hitam dan kaliper warna emas. Jadi, kalau warna itu berubah seperti shock jadi silver dan kaliper jadi hitam, bisa jadi itu dioplos,” kata Erwin kepada VIVAnews, Selasa 21 Oktober 2014.

“Biasanya, oplos pengganti barangnya berasal dari China, yang harganya memang murah. Sedangkan bagian original itu dijual masih mahal,” lanjut Erwin.

Kedua, cek bagian karburator. Menurut Erwin, jika tak tahu cara mengeceknya, ada baiknya motor dilakukan test ride. “Kalau tidak tahu juga, lebih baik bawa teman yang mengerti mesin,” ungkapnya,

Yang Ketiga, untuk motor pabrikan Honda dan Yamaha, pada bagian pelek biasanya menggunkan merk Enkei. “Kalau di luar itu kemungkinan diganti,” tukasnya.

Keempat, perhatikan bagian shock breaker. Terkadang kondisi bagus dan masih kinclong tidak menjamin shock tersebut masih berfungsi dengan laik.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

“Pastinya, jangan lupa minta jaminan kepada diler. Tetapi, jangan harap jaminan seperti motor baru,” ucapnya.

Untuk mengetahui lebih lengkap agar tak tertipu beli motor bekas perhatikan juga tautan ini. ()

Baca juga:

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

(asp)

Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024