Ban Mulai Aus? Jangan Terjang Banjir

Ilustrasi Aquaplaning
Sumber :
  • www.carscoops.com

VIVAnews - Dalam hitungan bulan, kita akan memasuki musim hujan. Bagi Anda pemilik kendaraan, coba perhatikan ban mobil Anda.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Jika uliran pada ban sudah menipis, Anda harus waspada karena ban yang tipis sangat berbahaya, baik saat digunakan dalam kondisi jalan kering maupun basah.

Berdasarkan laporan dari TyreSafe.org yang dilansir Carscoops alur ban yang tipis menyulitkan ban membuang air. Bila mobil dengan kondisi ini dibawa melewati genangan air yang cukup panjang dan dipacu kecepatan sedang maka akan terjadi efek aquaplaning.

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

Aquaplaning adalah kondisi dimana ban mulai kehilangan kemampuannya membuang air sehingga posisi ban sedikit mengambang dan kehilangan cengkeraman. Akibatnya, bisa diduga, mobil akan sulit dikendalikan.

Hal ini sangat berbahaya, terutama apabila ada halangan yang perlu kita hindari seperti lubang atau pengendara lain yang sedang mogok.

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok

Video yang dilansir TyreSafe.org cukup menjelaskan kepada kita untuk selalu memantau kondisi ban sebelum berkendara di kala musim hujan. Silakan lihat di bawah ini:


Baca juga:

(ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya