Cara Ampuh Hilangkan Bau Tak Sedap pada Helm

Helm.
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Helm sejatinya merupakan bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala untuk pertimbangan keamanan dari benda jatuh atau saat melesat di kecepatan tinggi.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Di Indonesia, penggunaan helm diwajibkan bagi para pengendara sepeda motor, mengingat tingginya risiko kematian bila terlibat kecelakaan.

Namun, helm tak melulu bicara soal keamanan, alat ini acap kali dianggap penting para bikers agar terhindar dari sengatan matahari, dan debu jalanan. Mengingat mobilitasnya yang tinggi, tak heran bila helm akrab di kepala para bikers saat dibawa wara-wiri beraktivitas.

Betapa pun helm dipakai untuk melindungi terpaan panas dan debu, piranti ini juga bakal mengganggu pemakainya bila salah merawatnya. Bau apak dan kaca berjamur bakal menjadi gangguan paling sering muncul, bila pemakai tak merawatnya dengan baik.

Berikut, beberapa tips dan langkah-langkah membersihkan helm yang bisa dilakukan satu minggu sekali atau minimal satu bulan sekali, seperti disampaikan Motoriders:

1. Bila helm tak digunakan, sebaiknya buka kaca penutup, terutama helm jenis full face. Sebab, bila dibiarkan tertutup, udara pengap dan bau bekas keringat bakal terus terperangkap di dalam helm. Bau menyengat juga akan timbul bila tak tersentuh sinar matahari dalam waktu lama. Hawa panas dalam helm akan mengendap pada lapisan busa, dan inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

2. Saat menyimpan helm, pastikan fungsi ventilasi agar tetap terbuka, sehingga ada sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu, bau sisa keringat akan bersirkulasi dan bisa keluar karena menguap.

3. Jika Anda baru saja melakukan perjalanan jauh, jemurlah helm di teriknya matahari. Aktivitas ini bisa dilakukan setiap satu pekan sekali. Pastikan pula helm dijemur dengan posisi terbalik, dengan kaca dan ventilasi yang seluruhnya terbuka. Karena, sinar ultra violet matahari disebut mampu menetralisir bau keringat.

4. Berikan wangi-wangian ketika helm tak digunakan, misalnya kapur barus. Anda juga perlu hati-hati bila menggunakan minyak wangi. Pilihlah yang mengandung kadar alkohol rendah. Andai terpaksa menggunakan minyak wangi berkadar alkohol tinggi, jangan terlalu banyak. Sebab, mengakibatkan busa helm cepat mengering serta kisut bila sering terkena alkohol.

5. Baluti bagian luar helm dengan pasta pengkilap. Selain untuk menjaga warna, debu juga tidak akan mudah menempel.

6. Gunakan pewangi beralkohol tinggi secara tepat, seperti misalnya hanya menyemprotkan sedikit dalam jarak cukup jauh. Bila kaca helm terkena semprotan alkohol, segera bersihkan dengan tisu atau kain halus. Sebab, senyawa pewangi ternyata akan mempermudah timbulnya jamur pada kaca helm.

Baca juga:

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Wamenkeu: Konflik Israel Vs Iran Kita Perhatikan Sangat Serius 
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Atta Halilintar Bocorkan Teka-teki Bayi Adopsi Raffi Ahmad, Berasal dari Palestina?

Nagita Slavina dan Raffi Ahmad telah resmi mengadopsi seorang bayi perempuan yang cantik dan menggemaskan. Bayi tersebut kemudian diberi nama Lily oleh keluarga Andara.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024