Motor Matik Berisik dan Tak Bertenaga? Ini Sebabnya

BeAT-FI-10
Sumber :
  • Honda

VIVAnews - Motor skutik, alias skuter matik saat ini tengah digandrungi masyarakat di Tanah Air. Pilihan ini beralasan, lantaran motor dengan transmisi otomatis lebih praktis, saat melibas kemacetan di jalan raya. Tak heran, jika kini angka penjualan motor matik terus meroket karena besarnya permintaan masyarakat.

Namun, kepopuleran motor matik juga seiring dengan banyaknya masalah yang muncul. Hal ini terjadi, karena banyak pengguna matik yang tidak mengerti bagaimana merawatnya dengan benar.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Masalah yang kerap menghantui motor jenis matik ialah Continous Variable Transmission (CVT). Lantas apa itu CVT?

Welovehonda menulis peran penting CVT pada sebuah motor matik. Piranti ini berfungsi sebagai penggerak tenaga pada roda dan menyalurkan daya dari mesin, sehingga roda belakang dapat berputar. Fungsinya sama dengan rantai pada motor bebek.

Jika tak dirawat, CVT akan retak dan membuat motor terdengar berisik, jalan tak stabil seperti kehabisan bensin, dan tentunya tak bertenaga. Yang mengerikan, CVT bisa putus dan motor tak bisa berjalan.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan saat menservis CVT? Berikut ulasannya:

1. Cek dulu drivebelt-nya. Cukup buka cover CVT dan melihat lihat apakah belt retak, atau tidak. Kalau terlihat ada keretakan, sebaiknya diganti.

2. Cek roller. Biasanya, jika motor jalan tak stabil, tak bertenaga, atau berisik, karena roller yang digunakan sudah rusak, atau berbentuk tidak rata. Dianjurkan, pengantian roller harus satu set, meskipun yang rusak hanya satu saja. Hal ini, lantaran setiap roller memiliki tingkat keausan yang berbeda, sehingga kerja antara yang satu dengan yang lain tidak merata. Normalnya, ketebalan roller tidak boleh kurang dari 17,5 milimeter.

3. Lalu, selalu mengganti oli girbox setiap 8000 kilometer. Oli ini befungsi untuk melumasi gardan agar tetap bekerja secara optimal. Ciri-ciri oli girbok yang sudah mengering ialah munculnya suara kasar di dekat roda.

4. Filter udara CVT juga wajib dibersihkan secara rutin. Hal ini penting. Sebab, jika filter kotor, tarikan motor bakal terasa berat dan BBM lebih boros. Idealnya, saringan udara harus dibersihkan setiap tiga bulan, atau bersamaan saat servis berkala.

Baca juga:

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

(asp)

Begini Cara Pilih Cushion Terbaik Biar Makeup Flawless
Taylor Swift

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?

Taylor Swift dikabarkan telah menolak tawaran besar untuk tampil di acara pribadi di Uni Emirat Arab, ia ditawari sejumlah uang sebesar $9 juta (Rp 146 Miliar).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024