Gendong Mesin Elektrik, Taksi di Kota Ini Diklaim Termahal

Taksi Tesla model S (Kanan).
Sumber :
  • www.carbuzz.com

VIVAnews – Taksi merupakan salah satu angkutan umum yang dapat mengangkut penumpang dalam kapasitas kecil. Angkutan ini lebih bersifat privasi, karena hanya mengangkut satu atau beberapa orang yang masih terkait. Di perkotaan, taksi sangat akrab dengan masyarakat, termasuk di area bandara.

Namun, tahukah Anda, jika ada taksi termahal di planet ini? Ya, hal itu diklaim ada di daratan Negeri Kincir Angin, Belanda, tepatnya di Kota Amsterdam. Bandara di sana, yakni Schipol Amsterdam, memiliki taksi istimewa yang berbeda dengan taksi-taksi pada umumnya.

Sebab, sebanyak 167 armada taksi di sana tidak menggunakan bahan bakar konvensional, namun telah diganti dengan bahan bakar listrik asal Amerika Serikat, Tesla model S. Demikian dilansir Carbuzz, Jumat 24 Oktober 2014.

Menurut pihak bandara, alasan penggunaan mobil listrik beralasan, yakni ingin mengurangi emisi karbondioksida. Dengan taksi-taksi listrik, mereka berharap 167 taksi listrik yang beredar di jalanan Kota Amsterdam, dapat ramah terhadap lingkungan.

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

Kendati mengklaim kini menjadi taksi termahal, namun sayang, tidak ada rincian soal berapa harga yang dibanderol dari taksi mobil mewah tersebut.

Bicara kelebihan Tesla model S, mobil ini memiliki kabin di mana dashboard dilengkapi sistem layar-sentuh (touch-screen) dan fitur yang sangat memukau. Mobil berkapasitas maksimum lima kursi ini, dapat menempuh jarak 0-100 kilometer perjam dalam waktu 5,5 detik.

Mobil ini dapat menempuh sekira 300 km sekali pengisian baterai, dan listriknya dapat diisi pada outlet (stasiun pengisian listrik) dengan tegangan 120, 240, atau 480 volt. Selain itu, baterainya juga dapat diisi di rumah dengan charger khusus yang telah disediakan.

Tesla Model S mulai diproduksi pada akhir tahun 2011 dengan harga sekira US$57.400 atau setara Rp692 juta off the road (tidak termasuk pajak).

Baca juga:

Petugas Damkar Sebut Korban Tewas Terpanggang Akibat Kebakaran Toko Frame Mampang

Kerangka manusia ditemukan di lereng Gunung Slamet.

Penemuan Kerangka Manusia Pakai Sarung dan Peci Bikin Geger Pendaki Gunung Slamet

Sesosok mayat yang sudah menjadi kerangka manusia di Pos 3, jalur pendakian Gunung Slamet masuk wilayah Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024