Kupas Ketangguhan Penantang Mazda Biante, Mitsubishi Delica (I)

Test drive Mitsubishi Delica di Pekanbaru-Padang.
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews – PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) selaku distributor resmi Mitsubishi Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan line-up terbarunya di Tanah Air, yakni Delica. Mitsubishi mengklaim, mobil yang dibanderol Rp409 juta on the road Jakarta tersebut merupakan varian baru yang termasuk dalam Sport Utility MPV (Multi Purpose Vehicle).

Tidak hanya itu, Mitusbishi pun menggelar uji coba yang diikuti sejumlah wartawan dari berbagai media nasional maupun lokal, baik cetak maupun online. Untuk merasakan mobil yang diimpor utuh dari Jepang itu, jalur Pekanbaru (Riau) menuju Padang (Sumatera Barat) pun dipilih.

Jalur ini dipilih karena diharapkan dapat mewakili kontur jalanan Indonesia yang bergelombang, berkelok-kelok, hingga tanjakan dan turunan tajam.

Adapun jalur yang dilalui para peserta test drive yakni Kelok 9 di Payakumbuh, Lembah Harau, Bukittinggi, Istana Pagaruyung, Pandai Sikek, Danau Singkarak, dan Padang. Berikut ulasan VIVAnews yang berkesempatan menjajal Delica di acara tersebut.

Eksterior

Delica memang memiliki bentuk yang unik, yakni kotak. Jika melihat para pesaingnya, maklum saja bentuknya demikian. Sebab, mobil ini memang sengaja untuk mengacaukan kedigdayaan para seniornya yang terlebih dahulu melakoni debutnya di Tanah Air, seperti Toyota Nav1, Mazda Biante, dan juga Nissan Serena.

Pada bagian depan, terdapat chrome grille yang memanjang, sehingga terlihat menyatu dengan lampu utama dan juga sein. Desain grille ini juga banyak yang menyebutkan mirip dengan sosok mobil tangguh Hummer.

Pada bagian lampu depan Delica juga telah dilengkapi lampu kabut dan juga HID headlamps auto levelling with active cornering light. Dengan lampu ini, jika pengemudi akan berbelok dan berpindah jalur, maka lampu akan menyala secara otomatis mengikuti roda.

Pada bagian samping, Delica telah dilengkapi Power Sliding Door. Hal ini dibuat agar lebih memaksimalkan saat parkir, sehingga tak pelu membuka pintu lebar. Jangan takut terjepit, mobil ini telah dilengkapi sensor.

Sedangkan di bagian buritan, desain lampu dibuat tampil elegan, dimana lampu belakang ini terlihat memanjang dari kiri-ke kanan. Untuk mempertegas sosok mobil ini, tertulis pula nama Delica dengan huruf kapital.

Kaca bagian belakang juga terasa lebar, sehingga dapat memuaskan pengendara mobil saat melihat ke belakang melalui spion tengah. Pada bagain belakang Delica juga telah terdapat Electric Retractable Mirror, Rear Combination Lamp, dan Rear Camera. Sedangkan pada kaki-kaki disematkan Velg Alloy Wheel 16 inch yang dibalut ban berukuran 215/70.

Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, Delica hadir dalam empat warna pilihan warna, yakni Warm White Pearl, Cool Silver Metalic, Eiger Gray Metalic, dan Diamond Black Mica.

Interior

Melongok bagian interior, kabin Delica terasa sangat luas. Termasuk akses untuk masuk ke dalam, baik melewati pintu samping atau belakang. Bagian kabin juga terasa mewah berkat balutan warna cream yang menyeluruh, mulai dari dashboard, jok, hingga dinding di bagian dalam.

Tak hanya itu, jok baris pertama dan kedua juga sangat nyaman karena mengusung desain captain seat. Alhasil bagian ruangan ini menambah kesan luas, dan banyak tempat untuk menyimpan barang baik di depan maupun belakang.

Demikian juga pada baris ketiga yang dapat dilipat ke atas, serta ditarik maju mundur. Belum sampai disitu, Delica juga dilengkapi reclining seat, sehingga jok depan-belakang bisa tarik lurus hingga 180 derajat, dan dapat digunakan untuk tidur.

Bagian hiburan yang diberikan Delica antara lain layar sentuh berukuran 7 inch, yang didapat diaplikasikan dengan menggunakan DVD, CD, USB, dan SD Card, serta terkoneksi Bluetooth serta Smartphone.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Kehadiran makin lengkap dengan penambahan Smart Audio System with six speakers. Fitur lain yang dibenamkan pada Delica antara lain Automatic Air Conditioner double blower, mulai bagian depan, tengah hingga belakang, sehingga udara sejuk begitu cepat menyebar.

(Bersambung)

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024