Mobil Dinas Vladimir Putin Bakal Pakai Mesin 'Bengis' Porsche

Sketsa Limusin Vladimir Putin.
Sumber :
  • www.digitaltrend.com

VIVAnews - Presiden Rusia, Vladimir Putin, rupanya tengah mengidam-idamkan memiliki kendaraan kenegaraan yang canggih dan mumpuni. Kendaraan itu nantinya bakal digunakan untuk dia dan semua menteri di kabinetnya sebagai mobil dinas.

Sepertinya, ia kurang puas dengan mobil limusin New Zil-4112p produksi dalam negeri yang kini digunakannya, khususnya bagian dapur pacu. Berlatar masalah tersebut, Putin kemudian mengambil langkah dengan menunjuk Porsche untuk mengembangkan sektor mesin mobil tersebut. Demikian dilaporkan Jalopnik, Selasa 28 Oktober 2014.

Proyek yang bernama Cortege ini disebutkan, sedang dikerjakan divisi Porsche Engineering, dan diharapkan pekerjaan ini dapat rampung pada 2017 mendatang.

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Porsche tidak mengerjakan bagian desain mobil, melainkan hanya berkutat pada bagian mesin saja.

Rencananya, sumber tenaga yang akan didaulat untuk mobil Putin ialah mesin V12 dengan kapasitas antara 6.0 dan 6.6-liter. Mesin ini diklaim dapat menyemburkan tenaga sekira 800 horse power. Mesin sendiri akan dibangun di sebuah perusahaan asal Rusia, ZMZ.

Jika proyek ini berhasil, Putin juga akan berencana untuk memassalkan produk itu, meliputi beberapa kendaraan seperti Sport utility Vehicle (SUV), minibus, dan sedan.

Proyek ini disebutkan bukan menjadi hal baru bagi Porsche, sebab
beberapa waktu lalu mereka juga terlibat dalam pengembangan sebuah model khusus.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Baca juga:

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya