Canggih, Mobil-mobil Honda 2015 Dilengkapi Fitur "Anti Tabrakan"

Sistem Honda Sensing.
Sumber :
  • Foto: Dok Honda.

VIVAnews – Perusahaan mobil asal Jepang, Honda Motor Co. Ltd, tengah gencar melakukan berbagai inovasi. Langkah ini dinilai perlu agar pabrikan tersebut tak ditinggal para konsumennya.

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

Kali ini, Honda memperkenalkan fitur baru yang disebut “Honda Sensing”. Fitur ini digadang-gadang merupakan sebuah sistem yang dapat membantu pengemudi dalam berkendara.

Honda Sensing dikembangkan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang bebas dari kecelakaan lalu lintas. Bukan hanya pengendara kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, tetapi semua pihak pengguna jalan.

Menurut Honda, hal ini dilakukan karena merupakan bagian dari konsep keamanan global Honda, yaitu “Safety for Everyone”.

Berdasarkan keterangan tertulisnya, Selasa 28 Oktober 2014, Honda Sensing disebutkan merupakan sebuah sistem yang terdiri atas dua jenis sensor dengan karakteristik yang berbeda.

Sensor pertama adalah Millimeter-Wave radar, yang terdapat pada Front Grille mobil, sedangkan sensor yang kedua berupa Monucular Camera yang terpasang di bagian dalam, tepatnya pada kaca depan mobil.

Berdasarkan penelitian mengenai kinerja fitur ini, Millimeter-Wave radar dapat memperluas ruang lingkup deteksi yang mencakup pejalan kaki yang dianggap sebagai objek yang sulit untuk dideteksi, karena tingkat deteksi yang rendah di Radio Wave Reflection-nya.

Sementara itu, Monocular Camera, dapat mengidentifikasi atribut serta ukuran dari pejalan kaki serta target objek lainnya dalam rentang jarak deteksi sekira 60 meter di depan kendaraan. Hal ini diklaim Honda dapat dibuktikan ketepatannya.

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Deteksi pengemudi

Dengan peningkatan yang signifikan dalam hal presisi dari perangkat ini, Honda juga menjejali fitur baru seperti “Pedestrian Collision Mitigation Steering System”. Fitur ini masuk ke dalam fitur Existing Driver-Assistive System.

Untuk mengakomodasi fungsi yang serbaguna, kemampuan pengolahan data sistem pada mobil diperbaiki. Sistem ini tak hanya dapat mendeteksi lingkungan di sekitar, melainkan juga gerakan dari pengemudi, termasuk sistem pengereman, dan kemudi.

Honda Sensing juga disebutkan dapat membantu pengemudi selama berkendara normal maupun dalam bermanuver untuk menghindari risiko dalam keadaan darurat.

Rencananya, Honda Sensing akan diaplikasikan sebagai salah satu fitur baru dari model sedan Honda All New Legend yang akan dijual di Jepang pada akhir 2014, dan kemudian secara bertahap akan diaplikasikan ke model mobil Honda lainnya mulai 2015. (art)

Baca juga:

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR


Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Menurut NASA, jangan heran jika Anda atau seseorang di sekitar akan menangis ketika menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024