Bosan Pakai, Anak Sultan Brunei Lelang Mobilnya Rp3,8 Miliar

Jaguar XJ220 milik Pangeran Al- Muhtadi Billah.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVAnews - Informasi mengenai Sultan Hassanal Bolkiah, pemilik kerajaan Brunei selalu menarik untuk disimak. Bagaimana tidak, ia merupakan pemimpin yang terkenal akan gaya hidup dan hobinya yang mewah, termasuk mengkoleksi mobil-mobil berharga mahal.

Yang mencengangkan, dia tercatat memiliki koleksi mobil sebanyak 7.000 unit, yang semuanya disimpan di lima garasi raksasa dekat istana kerajaan. Koleksi Sultan bahkan ditaksir mencapai triliun rupiah.

Dilaporkan Autoevolution, Selasa 11 November 2014, kebiasaan sang ayah rupanya menular ke anaknya, Pangeran Al-Muhtadi Billah. Sang anak disebutkan juga memiliki banyak koleksi mobil mewah yang jarang dimiliki orang lain.

Mobil-mobil koleksinya antara lain Bugatti Veyron yang memiliki harga sekira Rp20 miliar, serta Rolls Royce. Salah satu mobil koleksi lainnya ialah mobil langka Jaguar XJ220.

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

Namun, mobil yang dibuat secara terbatas itu rupanya kini sudah tak lagi diminati sang Pangeran, hingga akhirnya, kerajaan Brunei pun berinisiatif menjualnya ke sebuah rumah lelang kenamaan, Silverstone Auctions.

Lelang ini sedianya akan dimulai pada pada 15 November mendatang dengan harga taksiran dapat terjual sekira 200 ribu poundsterling atau setara Rp3,8 miliar (Rp19.104 per 1 poundsterling).

Bicara riwayat, mobil Jaguar XJ220 yang sebelumnya digila-gilai Al-Muhtadi Billah merupakan kelahiran 1991. Meski sudah bertahun-tahun dimiliki, mobil ini rupanya hanya digunakan sejauh enam ribu mil atau 9.656 kilometer.

Dapur pacu mobil ini disematkan mesin V6 yang dilengkapi dengan sepasang turbo Garret TO3. Dengan mesin tersebut, sang Jaguar dapat menyemburkan tenaga hingga 540 horse power.

Di eranya, Jaguar XJ220 merupakan salah satu supercar tercepat yang pernah diproduksi. Mobil ini mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik dan memiliki kecepatan maksimal hingga 343 km/jam.

Baca juga:

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi CASN

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024