Mobil Murah Eks Taksi, Berapa Harganya?

Nissan Sunny Neo GL eks Gamya
Sumber :
  • Dok: Nissan Sunny Neo Club

VIVAnews - Pasar mobil bekas mulai diramaikan dengan kehadiran mobil-mobil eks taksi. Mobil jenis ini dijual dengan harga "miring" karena spesifikasinya di bawah mobil-mobil sekelasnya.

Gak Betah Jadi Duda, Anwar Fuady Bakal Nikah Lagi di Umur 77 Tahun

Meski banyak yang enggan membeli mobil ini karena khawatir dengan kualitasnya, tidak sedikit pula yang tertarik karena harganya yang cukup murah. Seberapa murah mobil-mobil ini dijual?

Berdasarkan penelusuran tim VIVAnews, Blue Bird menjual mobil Toyota Limo di kisaran harga Rp80 juta hingga Rp85 juta untuk keluaran tahun 2008-2009. Tentu jauh dibandingkan dengan Toyota Vios 2009 bekas yang dijual di kisaran Rp120 juta hingga Rp140 juta.

Koalisi Perubahan Selesai, Surya Paloh Tetap Ingin Bina Hubungan Baik Dengan PKS

Dengan harga ini, pembeli akan mendapatkan Limo yang sudah dicat ulang dengan warna standar, tanpa adanya tambahan fitur yang ada pada Vios. Jika ingin mengubahnya menjadi Vios, harus menambah dana sekitar Rp10 juta hingga Rp20 juta tergantung seberapa lengkap fiturnya.

Biasanya, ubahan yang dilakukan meliputi penggantian grille depan, lis samping pintu, emblem Toyota Vios, power window, power mirror, dan sistem hiburan.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Sementara itu, Sudarnanto yang mengurusi penjualan mobil bekas Gamya cabang Condet, Jakarta Timur, mengatakan, Sunny Neo GL dijual dengan harga Rp52 juta untuk tahun 2006, Rp55 juta buatan 2007, dan Rp58 juta untuk tahun produksi 2008. Harga sebesar itu sudah termasuk cat ulang dengan warna standar (hitam, putih, perak, atau abu-abu) dan biaya penggantian warna pelat nomor dari kuning (taksi) menjadi hitam.

Dan karena fitur interiornya sudah cukup lengkap, maka pembeli hanya perlu mengganti beberapa bagian luar seperti lampu depan yang kusam (Rp5 juta sepasang) dan ban baru. Bila ingin interiornya lebih apik, bisa mengganti jok dengan kulit imitasi (Rp1,5-2,5 juta), menambah sistem hiburan (Rp2 juta), dan mengecat ulang panel dasbor dan pintu yang bermotif kayu.

Harga jual kedua mobil tersebut belum termasuk biaya balik nama dari perusahaan taksi ke pemilik baru. Jadi, di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang didapat masih akan tercantum perusahaan taksi sebagai pemilik mobil tersebut. Selain itu, jika ingin warna khusus, akan dikenakan biaya tambahan.

Merek lain

Selain kedua mobil tersebut, Blue Bird maupun Gamya juga menawarkan mobil bekas yang tadinya digunakan untuk bisnis penyewaan kendaraan.

Blue Bird menawarkan Mercedes-Benz C230 buatan 2007 yang dilepas dengan harga Rp150 jutaan. Harga ini sudah termasuk cat ulang dengan warna hitam dan penggantian pelat nomor dari warna kuning ke hitam. Selain tunai, calon pembeli juga bisa membayar dalam bentuk kredit.

Sementara itu, Gamya memiliki 6 Toyota Camry warna hitam dan satu Toyota Camry warna putih (keduanya buatan tahun 2007) yang bisa dimiliki dengan membayar Rp170 juta. Ada juga Mercedes-Benz E250 Avantgarde, namun yang tertarik harus menghubungi langsung untuk mendapatkan harga yang ideal.

Sebagai perbandingan, Toyota Camry yang dijual di beberapa diler mobil bekas dipatok dengan harga Rp170-190 juta, tidak berbeda jauh dengan yang ditawarkan Gamya. Sementara itu, Mercedes-Benz C230 rata-rata harganya masih di atas Rp160 juta, sehingga yang Blue Bird tawarkan masih lebih murah.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya