Ini Spesifikasi Motor Bertenaga Galak, Yamaha R1

Yamaha R1.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVAnews - Yamaha baru saja memperkenalkan keluarga barunya, YZF-R1, di ajang bergengsi EICMA 2014, beberapa waktu lalu. Motor bergaya superbike ini hadir dengan roh balap, menyerupai motor di ajang balapan MotoGP.

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

Banyak pihak kemudian memicingkan matanya untuk melihat apa saja keunggulan yang digendongnya, termasuk tenaga yang ia miliki.

Dilaporkan Autoevolution, Jumat, 14 November 2014, sosok R1 hadir dengan berbagai perangkat elektronik yang komprehensif. Motor ini juga tampil dengan penjejalan Pengukuran Satuan Inertial (IMU). Perangkat ini merupakan piranti komputer khusus yang dapat menganalisis data pada tingkat kecepatan saat dibetot di jalanan melalui sebuah sensor.

IMU menggabungkan sensor gyroscopic yang dapat mendeteksi pitch, roll, dan yaw. Perangkat ini juga dilengkapi dengan accelerometer yang mengukur percepatan pada bagian depan-belakang, atas-bawah, dan arah kanan-kiri untuk menentukan posisi yang tepat dari sepeda motor.

Data yang dihasilkan nantinya akan dikirim ke ECU yang pada gilirannya akan mengatur variabel-variabel seperti sensitif-banking Traction Control, Slide Control, Anti-Wheelie Control, Quickshifter, Launch Control, ABS, dan
lainnya.



Bicara jantung pacu, Yamaha R1 didukung mesin 998cc yang dapat menghasilkan semburan tenaga sebesar 200 horse power pada putaran mesin 13.500 rpm dan torsi 112,4 Nm (82,8-ft). Tenaga itu kemudian disalurkan melalui sistem transmisi manual 6-percepatan.

Imbas Gempa Garut, Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak



Yamaha juga memutuskan untuk memperpendek sasisnya untuk menghasilkan akselerasi sepeda motor yang baik. Untuk mendukung performa, didaulat suspensi KYB pada bagian depan dan belakangnya.



Di bagian dasbor, sebuah LCD nampak bertengger dan menambah performa serta fungsionalitas. Tangki berbahan aluminuim pada R1 disebutkan dapat menampung 17 liter bahan bakar minyak (BBM), yang ditopang dengan roda-roda berbahan magnesium.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

Yamaha dalam keterangan resminya mengatakan, untuk bagian jubah alias fairing, desain motor ini banyak dipengaruhi oleh motor M1 MotoGP Yamaha. Pembangunan proyek motor ini juga disebutkan telah melibatkan pebalap MotoGP, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo.

Rencananya, YZF-R1 akan meluncur resmi pada Februari 2015 mendatang. Soal harga, di Amerika Serikat, motor ini akan ditawarkan dengan harga sekira US$16.490 atau setara Rp199,8 juta (Rp12.118 per 1 dolar AS).

Lihat videonya di bawah ini:

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya