Ditawar Rp12 M, Presiden Termiskin di Dunia Ogah Jual Mobil Bututnya

Jose Mujica bersama mobil kesayangannya.
Sumber :
  • www.sahafe.com

VIVAnews - Sebagian besar politisi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, biasanya memiliki gaya hidup yang berbeda 180 derajat dengan rakyatnya. Termasuk, jika bicara kendaraan dinasnya. Para pemimpin negara umumnya selalu memilih besutannya ciamik, lengkap dengan kemewahan, teknologi canggih, maupun fitur keamanan lengkap.

Namun, semua hal itu ternyata tidak berlaku bagi Presiden Uruguay, Jose Mujica. Sejak dilantik menjadi presiden pada 2010 lalu, politisi berusia 77 tahun ini hanya menggunakan kendaraan dinas sederhana. Ia lebih memilih menggunakan mobil tuanya, Volkswagen Beetle (kodok) buatan tahun 1977.

Baru-baru ini, ia mengungkapkan bahwa mobilnya telah ditawar salah seorang syekh Arab dengan harga sekira US$1 juta, atau setara Rp12 miliar. Ia pun saat itu berinisiatif akan menjualnya.

Namun, dilaporkan Reuters, Senin 17 November 2014, Jose Mujica rupanya kini membatalkan rencananya untuk menjual mobil kesayangannya itu. Mujica beranggapan, jika VW-nya yang telah lama ia pakai tak dapat tergantikan dengan mobil apa pun.

"Saya tidak pernah bisa menjualnya. Saya tidak akan melepas mobil ini, meskipun dengan harga berapa pun. Sebab, mobil ini merupakan mobil rakyat yang sudah menemani saya, saat susah dan senang. Ini sudah cukup bagi saya," tutur Mujica seperti dikutip salah satu radio lokal.

Mujica mengatakan, tawaran yang dialamatkan pada mobilnya sebenarnya terjadi saat puncak acara pertemuan G77+China Summit yang dilangsungkan di Santa Cruz, Bolivia, awal 2014 lalu.

"Saat itu, memang pernah ada duta besar Meksiko yang menawar mobil saya. Awalnya, saya sedikit terkejut, namun kemudian tidak saya tanggapi secara serius. Tapi kemudian, tawaran lain datang dengan nominal yang lebih besar (Syekh Arab)," kata Mujica.

Namun, karena pertimbangan kenangan, ia menyatakan dengan tegas jika mobil berkelir biru langit yang dibelinya dengan Rp22 juta itu tak akan dijual.

"Saya tidak tahu apakah satu hari Beetle akan pergi," kata Mujica. "Tapi yang saya tahu, saat saya masih hidup, mobil ini akan tetap di garasi."

Baca juga:

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

(asp)

The All-New Citroen C3 Aircross

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Citroen secara resmi meluncurkan mobil SUV terbaru, The All New C3 Aircross pada hari ini untuk pasar Indonesia. Mobil ini hadir dengan berbagai fitur modern yang nyaman.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024