Perhatikan Komponen Kendaraan Ini Ketika Cuaca Panas

Kaca film V-Kool sebagai penolak panas dan sinar ultra-violet
Sumber :

VIVAnews - Cuaca panas dengan suhu panas tinggi diperkirakan masih akan terjadi meskipun sudah berada di ambang musim penghujan. Suhu udara di atas normal pun masih dirasakan di siang hari. Cuaca terik ini harus diwaspadai  terutama bagi pemilik mobil. Beberapa komponen yang terpengaruh oleh suhu wajib mendapatkan perhatian ekstra.

Untuk mengurangi efek panas dan angin kering yang berdebu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat komponen tetap terjaga kondisinya. Berikut komponen kendaraan yang wajib diperhatikan dan dirawat saat udara panas:

Sistem pendingin

Mobil memiliki temperatur tertentu untuk bekerja di performa terbaiknya dan mencapai titik efisien. Itulah sebabnya, sistem pendingin harus sehat. Kuras radiator dan bersihkan dari aneka material residu. Jaga volume air radiator, atau ganti setiap setahun sekali. Saluran radiator juga harus diperiksa jika terdapat kebocoran.

Oli mesin

Dalam periode tertentu, pelumas kehilangan viskositas dan partikel penting yang berfungsi melidungi mesin. Friksi yang ada akan meningkatkan panas, bahkan dalam kasus terburuk akan membuat mesin tak bekerja maksimal. Cek volume oli mesin, ganti secara teratur dengan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Filter udara
Udara kering dan angin kencang menerbangkan debu dan kotoran ke kendaraan. Imbasnya pada saluran udara mesin mobil. Kerja filter udara semakin berat dan lebih cepat tersumbat kotoran. Jika asupan udara kurang baik dan banyak, tentu performa mobil akan turun drastis. Rajinlah membersihkan, atau bahkan mengganti dengan yang lebih berkualitas.

Aki
Suhu sekitar yang tinggi adalah penyebab utama kerusakan aki. AC secara konstan memerangi panas di kabin, dan mengaktifkan blower yang tenaganya diambil dari aki, sehingga komponen ini harus sehat. Cek terminal dan kabel dari korosi, lalu bersihkan.

Ban
Cuaca panas berakibat buruk pada ban jika tekanan anginnya kurang. Dinding ban bagian samping (sidewall) dikhawatirkan cepat rusak, bahkan permanen. Perubahan temperatur yang terlampau sering kebanyakan membuat karet kehilangan elastisitas, lalu memicu retak. Selalu cek tekanan ban agar tetap prima.

Kaca film
Pemilihan kaca film menentukan panas yang mampu ditolak dari kabin kendaraan. Kaca film V-Kool sudah diakui merupakan kaca film terbaik di Indonesia, terbukti dengan telah diraihnya beberapa penghargaan seperti MURI, Top Brand Award, Majalah Autobild Award serta Tabloid Otomotif Award. Dengan memakai V-Kool, akan memberikan nilai tambah pada mobil Anda.

Kaca film V-Kool dibuat dari polyester dengan grade tertinggi, sehingga menjamin kejernihan kaca film. Hanya 1 persen bagian dari semua polyester yang diproduksi di dunia dapat memenuhi spesifikasi V-Kool.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Meskipun berpenampilan jernih, kaca film V-Kool mempunyai tolak panas yang maksimal, terbukti dari satuan Total Solar Energy Rejected (TSER) yang tinggi. Kemampuannya sebagai penolak panas dan sinar ultra-violet menjadikan kaca film V-Kool merupakan suatu kebutuhan pada kendaraan. (Webtorial)

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024