Yamaha Gunakan Mesin Baru, Bagaimana Perawatannya?

Mesin Yamaha Blue Core
Sumber :
  • www.voz.vn

VIVAnews - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengenalkan secara resmi teknologi Blue Core, yang akan dirilis untuk pasar motor matik di dalam negeri pada Kamis 20 November 2014, kemarin.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Staf Education PT YIMM, Ridwan Arifin, mengatakan bahwa beberapa komponen mesin Yamaha akan mengalami perubahan, baik itu dari segi desain maupun spesifikasi. Ubahan ini, diharapkan dapat memberikan sensasi baru dalam berkendara, khususnya dalam hal kecepatan, keiritan dan daya tahan.

Namun, meski desain mesin dan transmisinya berubah, Yamaha memastikan bahwa tidak diperlukan perawatan khusus agar motor bisa awet dipakai bertahun-tahun.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

"Perubahan hanyalah terpusat pada optimalisasi beberapa komponen, seperti spesifikasi injeksi, bukaan katup dan perbandingan rasio transmisi. Jadi secara umum tidak ada yang berubah, baik dalam hal penggunaan maupun perawatan," ujar Ridwan.

Ia juga meyakinkan bahwa meski motor diservis di bengkel tidak resmi, mekanik tidak akan kesulitan karena basisnya masih sama seperti motor matik sebelumnya. Walau pun begitu, Yamaha tidak menjamin motor bisa bertahan hingga lima tahun sesuai garansi yang mereka berikan.

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

"Kalau mau awet hingga lima tahun, servislah di bengkel resmi Yamaha yang sudah banyak tersebar di seluruh kota di Indonesia," kata Ridwan.

Teknologi Blue Core adalah konsep terbaru dari Yamaha yang mengoptimalkan tenaga mesin dan pembakaran, sehingga pemakaian bahan bakar bisa menjadi lebih irit.

Setidaknya, ada tiga faktor yang diubah, yakni membuat pembakaran jadi lebih sempurna, mengurangi hilangnya tenaga mesin saat disalurkan ke roda belakang dan membuat pendinginan mesin menjadi lebih optimal.

Saat ini, Yamaha baru fokus ke mesin yang digunakan di jajaran motor matik berkapasitas 125cc. Namun, ke depannya tidak menutup kemungkinan mereka akan mengembangkan Blue Core pada beberapa jajaran motor bebek dan sport.

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya