Akhir Tahun, Yamaha Luncurkan Skutik Bermesin Listrik

Yamaha E-Vino
Sumber :
  • Yamaha Motor

VIVAnews - Yamaha Motor mengumumkan bahwa mereka segera meluncurkan motor matik yang digerakkan oleh tenaga listrik.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Dilansir dari situs Yamaha, Jumat 21 November 2014, sepeda motor berpenggerak mesin listrik atau biasa dikenal sengan sebutan E-Bike ini akan mengambil basis skuter matik Yamaha Vino.

Namun, Vino yang digunakan bukanlah spesifikasi Indonesia, melainkan Vino yang diproduksi di Jepang. Di negara ini, Yamaha Vino menggunakan mesin bensin berkapasitas 50cc yang populer digunakan oleh pekerja kantoran dan ibu rumah tangga.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

E-Vino akan dibekali dengan motor listrik dan baterai isi ulang bertegangan 50 volt. Yamaha tidak menyebutkan spesifikasi motor listrik dan baterainya, namun berdasarkan uji coba yang mereka lakukan motor ini bisa menempuh jarak 30,1 kilometer dengan satu kali pengisian baterai.

Jarak ini ditempuh dalam kondisi jalan datar dan kecepatan 30 km per jam. Untuk mengatasi tanjakan, motor yang bentuknya klasik ini dilengkapi dengan fitur boost yang akan memberikan tenaga tambahan, namun tentunya penggunaan listrik menjadi lebih boros.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Mungkin jarak yang bisa ditempuh tidak seberapa dibanding motor matik biasa yang mampu mencapai jarak lebih dari 150 km dengan satu kali pengisian bensin. Namun, target penggunaan E-Vino memang hanya untuk jarak dekat seperti berbelanja ke pasar swalayan dan mengantar anak ke sekolah.

Baterai yang disediakan mudah dibongkar pasang, bahkan di bagasi tersedia ruang untuk meletakkan baterai cadangan yang dijual terpisah. Untuk mengetahui berapa arus yang tersisa, pengendara bisa memantaunya melalui layar instrumen yang disediakan dalam dua bentuk, analog dan digital.

E-Vino akan diproduksi oleh Yamaha Motor Taiwan dan mulai dipasarkan Desember 2014. Menurut data Yamaha, kebutuhan akan motor matik berkapasitas 50cc di Taiwan sebesar 10 ribu unit setiap tahunnya. Dari angka ini sekitar 70 persennya adalah motor yang digerakkan oleh tenaga listrik. (art)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya