Jalu Setang Ternyata Bukan Hiasan, Ini Fungsinya

Jalu setang (paling kanan).
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVAnews - Pengendara sepeda motor pasti akrab dengan komponen bar-end, alias jalu setang. Biasanya, komponen ini ada di ujung setang, dan dapat dilepas, dan dipasang. Namun, banyak pengendara yang sepertinya menganggap sepele peran jalu setang.

Banyak pengendara yang memilih melepas jalu setang, lantaran dianggap mengganggu handling. Padahal, komponen ini memiliki fungsi tersendiri yang dapat membantu performa sang pengendara saat melibas jalan raya.

Seperti dilansir Welovehonda, jalu setang rupanya memiliki fungsi memberikan keseimbangan dan kestabilan pada saat motor dikendarai. Maka jangan heran, ketika dilepas akan terasa ada sesuatu yang tidak seimbang, atau tidak stabil dalam hal kemudi motor. Apalagi, bagi motor ber-genre sport.

Balancer yang dibuat dengan bentuk dan desain khusus ini, biasanya memiliki “berat” yang dapat memberikan suatu keseimbangan pada kemudi atau kestabilan setang motor. Di samping itu, dengan menggunakan alat balancer ini bisa mengurangi getaran kemudi motor, agar setang menjadi lebih stabil dan nyaman saat dikendarai.

Memang benar, jika dengan adanya bar-end ini motor terasa jadi lebih lebar. Tetapi, justru dengan adanya komponen ini, motor akan menjadi lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Sebab, selain bertujuan untuk mengurangi getaran pada setang dan menambah kestabilan, bar-end dapat menjadi proteksi ketika motor terjatuh.

Maka itu, jika bar-end di motor Anda hanya tinggal sebelah, karena hilang atau lepas, segerakan cari pasangannya. Agar, motor tetap stabil kembali. Tidak percaya? Coba saja lepas bar-end nya sebelah, dijamin motor tidak akan nyaman saat dibawa.

Baca juga:

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

(asp)

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024