Besok, Bus Bertenaga Kotoran Manusia Akan Diuji Coba

Bio-Bus yang bertenaga kotoran manusia
Sumber :
  • Wessex Water

VIVAnews - Bus pertama yang menggunakan tenaga berasal dari kotoran manusia (feses) di Inggris, akan melakukan percobaannya besok, Senin 24 November 2014. Bus yang diberinama Bio-Bus ini sedianya akan melakukan percobaan selama empat pekan, sebelum benar-benar melakoni debutnya.

Dilaporkan Autoevolution, Minggu 23 November 2014, proyek bus yang memiliki 40 kursi itu sepenuhnya akan dijalankan oleh Bath City Bus Company, dan akan bekerja sama dengan Wessex Water, dan perusahaan energi GENeco. Nantinya, Bus ini akan mengangkut penumpang dari Bandara Bristol ke Bath, sejauh 20 mil, atau 32 kilometer.

Jalur itu dipilih, karena menghubungkan bandara ke wilayah Bath yang tengah berkembang pesat. Sehingga, transportasi hijau dinilai akan efektif bagi masyarakat di sana.

"Kami berharap, bus ini dapat mengangkut 10 ribu penumpang selama masa percobaan empat pekan. Selain jalur A4 (Bristol-Bath), kami juga menyediakan bus untuk perjalanan lokal di sepanjang rute melalui Saltford, Keynsham, Brislinton, Knowle, dan Hengrove," ujar Direktur Teknik Bath Bus, Collin Gield.

Ia menjelaskan, bus ini dapat berjalan sejauh 190 mil, atau 305 kilometer dari pengolahan feses lima orang. Angka lima orang disebutkan dapat memproduksi gas satu tangki.

Nantinya, Bio-Bus akan bersumber pada energi dari orang-orang yang tinggal di wilayah setempat, termasuk dari para penumpang bus. Tak hanya kotoran, makanan yang tidak layak dikonsumsi manusia juga bisa diolah menjadi gas untuk bahan bakar mobil ini.

Biofuel terus berkembang

Meskipun industri otomotif saat ini tengah gencar dengan tenaga penggerak listrik, bahan bakar bio rupanya tidak bisa dipandang sebelah mata. Di Eropa, biodiesel adalah biofuel yang paling umum, seperti yang biasanya digunakan sebagai aditif diesel untuk mengurangi kadar partikulat, karbon monoksida, dan hidrokarbon dari kendaraan bertenaga diesel.

Pada 2010, produksi biofuel di seluruh dunia, bahkan mencapai 105 miliar liter, naik 17 persen dari 2009. Biofuel saat ini juga sudah menjadi bahan bakar dunia sebanyak 2,7 persen.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Dengan kata lain, meskipun hal itu terdengar aneh dan menjijikkan, namun feses dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Baca juga:

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

(asp)

Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024