Kaca Mobil Adopsi Teknologi Pelindung Layar Ponsel

All New BMW i8 mejeng di Bangkok Motor Show 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Dwifantya Aquina

VIVAnews - Dari semua taknologi terbaru yang diterapkan pada industri otomotif, salah satu yang tampaknya jarang sekali dikembangkan adalah bagian kaca.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Sejak pertama kali kaca digunakan sebagai pelindung pengendara dari serangan cuaca, pengembangan hanya dilakukan satu kali saja, yakni teknologi tempered yang memungkinkan kaca untuk hancur dalam bentuk butiran saat pecah, agar tidak melukai penumpang.

Namun, kini terobosan baru dilakukan oleh perusahaan Corning, salah satu pembuat kaca terbaik di dunia. Dilansir dari situs Extremetch, Senin 24 november 2014, Corning berencana membuat kaca mobil yang dilengkapi dengan teknologi Gorilla Glass.

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Teknologi ini sudah lama digunakan sebagai bahan pelapis layar perangkat elektronik seperti ponsel dan pemutar lagu. Dengan menggunakan Gorilla Glass layar ponsel akan terlindungi dari goresan yang timbul akibat benda tajam. Selain itu, teknologi kaca ini juga bisa melindungi layar, ketika terjatuh dari ketinggian tertentu.

Gorilla Glass pada kendaraan bermotor berfungsi untuk melindungi kaca dari goresan yang mungkin timbul akibat benda-benda yang terlontar dari mobil depan. Selain itu, penghapus kaca yang karetnya sudah mengeras juga berpotensi meninggalkan goresan di kaca.

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Kaca yang penuh goresan bisa mengurangi jarak pandang pengemudi, terutama saat hujan turun. Air hujan akan sukar sekali dihapus dari kaca akibat menempel pada goresan.

Saat ini, Corning sudah bekerja sama dengan BMW untuk mengaplikasikan Gorilla Glass pada mobil listrik andalan mereka, yakni BMW i8. Untuk tahap awal, hanya kaca bagian belakang saja yang dilapisi dengan teknologi ini.

Selain tidak mudah tergores, Gorilla Glass juga membuat bobot kaca menjadi lebih ringan, sehingga produsen bisa merancang titik berat mobil jauh lebih ideal. Selain itu, kaca ini mampu meredam suara dengan lebih baik, yang bisa membuat kabin mobil menjadi jauh lebih tenang tanpa perlu menambahkan banyak peredam suara.

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya