Panduan Berkendara Bersama Anjing Kesayangan

Ilustrasi berkendara bersama hewan peliharaan
Sumber :
  • Autoevolution

VIVAnews - Apabila Anda memiliki binatang peliharaan seperti anjing, atau kucing, meninggalkan mereka sendiri di rumah dalam jangka waktu yang cukup lama bisa membuat Anda sedih.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Anda bisa saja menitipkan mereka pada tetangga, atau tempat penitipan hewan, atau Anda bisa mengajak mereka berkendara di dalam mobil. Namun, sebelum mengajak mereka masuk ke dalam mobil, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, agar perjalanan menjadi menyenangkan untuk mereka.

Dilansir dari situs Autoevolution, Senin 24 November 2014, bepergian bersama hewan kesayangan dengan menggunakan mobil bisa menjadi pengalaman yang seru. Suasana hati mereka akan jauh lebih baik, saat bisa melihat-lihat sepanjang perjalanan. Terutama, setelah sekian lama hanya bermain sebatas pekarangan rumah saja.

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Nah, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Tidak semua anjing terbiasa diajak berjalan-jalan mengendarai mobil. Sebelum bepergian, coba latih mereka terlebih dahulu dengan cara berkendara bersama mereka mengitari komplek, atau mengunjungi toko terdekat. Lakukan hal ini beberapa kali, agar mereka mulai terbiasa.

Halal Bi Halal Serikat Pekerja Pelindo, Serukan Semangat Konsolidasi

2. Sebelum menempuh perjalanan jauh, pastikan kondisi kesehatan anjing baik dan tidak melupakan semua vaksinasi yang harus mereka terima.

3. Jangan menaruh mereka di kursi depan, apabila ada perangkat airbag di dasbor, karena bila terjadi kecelakaan, mereka bisa terluka akibat hantaman kantung udara. Selain itu, bila anjing Anda cukup aktif bisa mengganggu konsentrasi mengemudi.

4. Bila Anda menggunakan mobil dengan bak terbuka, taruh beberapa lembar selimut sebagai alas. Selimut ini bisa membuat anjing tetap berdiri aman tanpa khawatir terpeleset, saat mobil sedang berakselerasi, atau mengerem.

5. Meski anjing suka saat leher mereka menjulur keluar kaca, tetapi hal ini justru berbahaya, karena sewaktu-waktu mereka bisa saja terhantam kerikil, rambu lalu-lintas, atau kendaraan lain yang melintas dekat dengan mobil Anda.

6. Beri makan secukupnya saja, agar metabolisme mereka tidak terganggu dan terhindar dari mabuk kendaraan. Juga, tidak direkomendasikan untuk memberi makan mereka saat mobil sedang berjalan.

7. Usahakan banyak berhenti untuk beristirahat dan memberi kesempatan mereka untuk berlari-lari kecil, setelah lama terkurung di dalam mobil.

8. Jangan pernah meninggalkan mereka sendirian di dalam mobil, terutama saat cuaca panas. Suhu dalam kabin bisa naik hingga lebih dari 40 derajat celcius hanya dalam hitungan menit, meski kaca mobil Anda buka sebagian.

9. Bila Anda menggunakan mobil yang memiliki baris ketiga, pasang penghalang yang banyak dijual, agar anak Anda tidak diganggu, saat hendak tidur selama perjalanan.

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya