Produksi Motor Honda Tembus Angka 300 Juta Unit

Honda Dream Type-D
Sumber :
  • Autoevolution

VIVAnews - Honda pertama kali memasarkan produk sepeda motor di Indonesia 1971 silam. Saat itu, Honda di bawah bendera PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Model sepeda motor yang pertama kali diproduksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 langkah dengan kapasitas 90cc, dengan jumlah produksi pada tahun pertama hanya 1.500 unit.

Namun, peredaran sepeda motor Honda di dunia sudah dimulai jauh sebelumnya, tepatnya di 1949. Kala itu, mereka memproduksi motor pertama, Dream Type-D, yang kapasitas mesinnya hanya 49cc.

TKN Sebut Puluhan Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Akan Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae

Di 1958, Honda mengenalkan Honda 50, yang dikenal secara global sebagai Super Cub. Sepeda ikonik ini membuka jalan bagi Honda untuk melakukan ekspansi ke Amerika Serikat pada tahun 1959 dan Kanada pada 1969.

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions

Dirilis dari siaran pers Honda Rabu 26 November 2014, kini Honda sudah memiliki 32 pabrik yang tersebar di 22 negara, termasuk empat pabrik di Indonesia. Kapasitas produksi pabrik di Indonesia adalah lebih dari lima juta unit per tahunnya.

Di November 2014 ini Honda baru saja merayakan produksi sepeda motor yang ke-300 juta, yakni Honda Gold Wing yang diproduksi di pabrik Kumamoto, Jepang. Acara ini, sekaligus sebagai perayaan Honda yang sudah berkecimpung dalam indsutri sepeda motor selama 65 tahun.

Honda juga akan memperingati 40 tahun seri Gold Wing di 2015 mendatang. Motor besar ini menjadi salah satu favorit mereka yang suka mengendarai motor jarak jauh, karena desainnya yang ergonomis dan nyaman dikendarai. Selain itu motor ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan dan hiburan yang cukup lengkap seperti ABS dan radio interkom.

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya