Arjuna, Mobil Listrik "Tercepat" Buatan Mahasiswa UGM

Mobil Listrik Arjuna.
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Juna Sunbawa

VIVAnews - Mahasiswa prodi teknik mesin, Fakultas MIPA, Universitas Gajah Mada berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Karya mobil mereka yang diberinama "Arjuna" itu berhasil meraih juara 1 dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) pada 14-16 November lalu di Politeknik Negeri Bandung.

Mobil yang dirakit selama enam bulan ini dinobatkan sebagai mobil listrik tercepat karena berhasil mengalahkan 23 mobil listrik buatan mahasiswa dari 19 perguruan tinggi lain.

Mobil listrik Arjuna UGM ditetapkan sebagai juara setelah mampu menempuh jarak 10 kilometer dalam waktu 12 menit 32 detik. Mobil yang memiliki kecepatan 60 kilometer per jam ini dirakit dengan menghabiskan dana sebesar Rp37,5 juta, meski begitu mobil ini juga berhasil membawa pulang prestasi juara ketiga untuk kategori efisiensi.

Ketua Tim Arjuna UGM, Moch. Ryan Ardiansyah, mengatakan bahwa Mobil Listrik Arjuna UGM dalam kompetisi tersebut merupakan satu-satunya mobil dengan catatan finish 12 menit untuk 10 lap, atau sekira 10 km.

“Mobil ini memecahkan rekor mobil tercepat sepanjang enam kali kompetisi ini dilaksanakan,” bangganya di depan wartawan, Rabu 26 NOvember 2014.

Ia menjelaskan, mobil listrik generasi ketiga buatan mahasiswa UGM ini menggunakan dua buah motor BLDC 48 Volt; 45 Ah; 1000 W dengan dua buah controller. Selain itu, terjejal pula aki 12 Volt; 45 Ah sebanyak empat buah, yang kemudian dirangkai seri.

Untuk mendukung performa, dijejali konstruksi rangka mobil seperti mobil formula, agar keamanan pengemudi serta kestabilan mobil tetap terjaga saat melesat kencang.

“Penggunaan aki disesuaikan dengan peraturan di kompetisi ini,” ujarnya.

Lebih cepat

Penuturan senada juga disampaikan pebalap Mobil Listrik Arjuna UGM, Basirudin Qori Wicaksono. Menurutnya, meski menggunakan energi listrik, ia bersama teman-temannya mengaku tidak mengalami kendala untuk mengembangkan mobil ini.

Apabila dalam kompetisi tahun depan mereka diwajibkan menggunakan baterai mobil listrik, ia bersama 16 anggota tim lainnya menyatakan siap berusaha untuk mengembangkannya. Kendati harga baterai mobil listrik diperkirakan hampir sama dengan harga mobil Arjuna.

“Saya senang mengendarainya. Mobil ini lebih cepat tiga kali lipat saat pertama dikembangkan. Manuver dan suspensinya pun jauh lebih enak," ujarnya

Baca juga:

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

(asp)

Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024