Meninggalkan Mobil untuk Waktu Lama? Lakukan Dulu Lima Langkah Ini

Ilustrasi mobil yang ditinggal lama pemiliknya
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Terkadang kita harus meninggalkan mobil dalam jangka waktu yang cukup lama, entah itu untuk urusan bisnis, studi ataupun liburan.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Atau ada juga beberapa orang yang membeli mobil untuk sekadar digunakan saat akhir pekan tiba. Apapun alasannya, mobil yang dibiarkan diam terlalu lama bisa mengalami kerusakan. Skala kerusakannya tergantung dari seberapa lama kita meninggalkan mobil tersebut.

Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya sebelum pergi Anda melakukan dulu beberapa hal yang dilansir dari situs Toyota Astra berikut ini:

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Pertama, usahakan mobil diparkir di tempat yang datar. Ganjal ban dengan balok kayu atau batu dan jangan gunakan rem tangan. Penggunaan rem tangan yang terlalu lama bisa membuat kampas rem lengket dan per rem meregang cukup lama sehingga berkurang elastisitasnya.

Kedua, jika mobil ditinggalkan lebih dari dua minggu, cabut kabel aki agar tidak ada listrik yang terbuang. Meski arus yang ditarik kecil, namun beberapa perangkat yang membutuhkan listrik apabila terlalu lama aktif bisa menyedot habis listrik yang ada di dalam aki.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Ketiga, letakkan pengharum mobil untuk menghindari bau apek selama mobil ditinggal. Jika diparkir di dalam garasi, buka sedikit kaca agar ada sirkulasi udara.

Keempat, tutup mobil dengan selimut khusus untuk mencegah rusaknya cat, terutama apabila mobil diparkir di luar ruangan. Apabila tidak memiliki selimut, usahakan memarkir mobil di tempat teduh, namun bukan di bawah pohon karena getah dari buah pohon tersebut bisa merusak cat.

Kelima, taruh pengusir tikus di bagian bawah mesin untuk mencegah mereka naik ke ruang mesin dan menggigit kabel-kabel serta komponen lainnya.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya