Di Negara Ini, Pembeli Mobil Harus Punya Tempat Parkir

Penyewaan tempat parkir di India
Sumber :
  • Motorbeam

VIVAnews - Parkir memang sejak dulu menjadi permasalahan yang tampaknya tak kunjung selesai, setidaknya di Indonesia. Makin banyaknya pengguna kendaraan bermotor tidak diiringi dengan bertambahnya lahan parkir, sehingga membuat pemilik kendaraan terpaksa memilih parkir di tempat umum seperti sisi jalan.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Selain itu, tingginya biaya parkir juga menjadi sumber makin menjamurnya parkir on-street, di mana pemilik bisa membayar tanpa dihitung berapa lama kendaraannya diparkir.

Dilansir dari situs Motorbeam, Kamis 27 November 2014, tampaknya masalah ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi juga di beberapa negara lain seperti India dan Filipina. Banyaknya mobil dan motor yang parkir di bahu jalan dianggap sebagai biang kerok kemacetan kota-kota, seperti Mumbai dan Manila.

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Itu sebabnya, pemerintah di dua negara ini memutuskan untuk membuat aturan baru yang melarang pembelian mobil baru, apabila calon pembeli tidak memiliki tempat parkir.

Teknik ini sebenarnya sudah lama diterapkan di Jepang dan Singapura. Bahkan di Jepang, aturan ini mulai diberlakukan sejak tahun 1950.

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Isi dari peraturan ini adalah setiap warga yang hendak membeli mobil harus bisa menunjukkan bahwa mereka punya tempat untuk memarkir mobilnya. Calon konsumen tidak perlu membeli tempat parkir tersebut, mereka bisa menyewanya dari si pemilik tanah.

Setelah membeli atau menyewa tempat, calon konsumen kemudian melaporkannya ke kantor polisi setempat untuk dibuatkan tanda bukti, yang nantinya akan dijadikan syarat kelengkapan dokumen pembelian mobil.

Di Jepang dan Singapura, teknik ini terbukti berhasil mengurangi kemacetan, terutama di titik-titik persimpangan yang padat setiap harinya. Jalur protokol juga menjadi bersih dari deretan mobil yang parkir setiap harinya.

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya