Pertamina Tantang Komunitas Mobil Adu Irit BBM

Juara pertama Olimpiade Pertamax mendapat Datsun Go+ Panca
Sumber :
  • Dok: PT Pertamina Persero

VIVAnews - Lomba mengemudi hemat bahan bakar rupanya tidak hanya dilakukan para perusahaan mobil saja, sebab PT. Pertamina (Persero) juga menggelar lomba irit antar komunitas mobil.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Lomba yang diberi nama Olimpiade Pertamax ini baru saja melewati tahap final di Jakarta, setelah sebelumnya digelar di Medan, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta.

Untuk menjadi yang terhemat, para finalis yang mengikuti lomba ini hanya dibekali empat liter bahan bakar Pertamax dan ditantang untuk mengemudikan mobil sejauh-jauhnya.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menurut Yanuar Budi Hartanto, Commercial Retail Fuel Marketing Manager PT Pertamina Persero, Olimpiade Pertamax dibuat untuk menunjukkan kontribusi Pertamina Pertamax dalam menciptakan efisiensi penggunaan bahan bakar.

“Dengan adanya pengetesan ini, masyarakat luas akan tahu bahwa dengan menggunakan Pertamax konsumsi BBM mobil masyarakat akan lebih irit dan bisa mendapatkan jarak tempuh yang lebih panjang,” kata Yanuar dalam keterangan tertulis Senin 8 Desember 2014.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Meski dari berbagai komunitas, namun di final yang digelar akhir pekan kemarin, para peserta menggunakan mobil dengan merek, tipe, dan jenis transmisi sama yang disediakan oleh penyelenggara.

Untuk metode kompetisinya,  mobil yang dipakai berlaga dikuras bahan bakarnya hingga habis dan tidak bisa dihidupkan. Kemudian setiap mobil peserta diisi Pertamax dengan jumlah yang sama, dan dari satu pompa pengisian.

Setiap tim wajib mengendarai mobil hingga bahan bakar Pertamax yang ada di dalam tangki habis. Tim dengan jarak tempuh paling jauh menjadi pemenang dan berhak melaju ke babak final untuk memperebutkan hadiah utama satu unit mobil.

Pada gelaran Grand Final ini, peserta start dari  SPBU Pertamina COCO Kuningan, Jakarta Selatan. Kemudian mereka menuju tiga tempat checkpoint, yaitu Kawasan Kota Tua, Cilandak Town Square, Plaza Festival, dan finish di Pisa Cafe Flavor Bliss Alam Sutra.

Dan akhirnya pemenang Olimpiade Pertamax adalah tim dari ERCI (Ertiga Club Indonesia) - Chapter Medan, Sumatera Utara.

Adapun para finalis yang berpartisipasi pada seri Grand Final selain ERCI Medan yaitu GCC (Great Corolla Club) -Chapter Bali, Kakitua Racing Team - Surabaya, JSC (Jogja Slalom Community) - Yogyakarta, dan ERCI (Ertiga Club Indonesia) -Chapter Jakarta.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya