Pakai Motor Injeksi? Pilih Busi Berkode R

Busi berkode R.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVAnews - Dewasa kini, motor injeksi tengah meroket penjualannya. Hal ini terjadi lantaran sistem pengabutan injeksi terkenal irit bahan bakar minyak (BBM), minim polusi, namun memiliki performa tetap mumpuni.

Namun terkadang, ada saja pengendara yang belum mengetahui seluk beluk pemakaian motor dengan sistem injeksi. Salah-salah, bisa berujung 'petaka' alias kantong bobol.

Dilansir WeloveHonda, salah satu hal sepele yang acapkali diabaikan para pengguna motor injeksi adalah penggunaan busi sembarangan. Padahal, perangkat ini lumayan terjangkau.

Dijelaskan, secara kasat mata, bentuk busi motor injeksi dan non injeksi sama. Namun, perbedaan terletak pada komponen resistor businya. Busi dengan tambahan resistor lazimnya diberi tambahan huruf R pada kodenya. Inilah busi yang cocok untuk motor injeksi.

Motor dengan sistem pengabutan injeksi memiliki sensor-sensor untuk meningkatkan performa kinerja motor. Data dari sensor-sensor ini akan diproses di Electronic Control Module (ECM) untuk menghasilkan sistem pembakaran yang optimal.

Namun sensor-sensor ini tidak bisa menerima gangguan elektromagnetik tinggi. Nah, busi merupakan salah satu komponen yang menghasilkan gelombang elektromagnetik yang tinggi pada saat motor dihidupkan.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Jadi dengan adanya resistor, gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan pada busi dapat diredam, sehingga kinerja sensor-sensor dapat terjaga.

Artinya, busi dengan kode R --singkatan dari Racing--, sangat dianjurkan pada motor jenis injeksi. Andaipun motor berkaburator menggunakan busi jenis ini juga tidak masalah, lantaran sistem pengabutan karburator tidak memiliki sensor-sensor.

Baca juga:

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi
Herjuniot Ali

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Lebih lanjut, Herjunot Ali menuturkan bahwa menjadi seorang DJ memberinya sensasi yang berbeda dibandingkan dengan akting. 

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024