VIDEO: Tidak Hanya Bodi, Ban Mobil pun Bisa Tampil Keren

Ban konsep Hankook
Sumber :
  • Youtube

VIVAnews - Istilah konsep pada industri otomotif lazimnya mengacu pada desain bodi kendaraan, baik itu roda dua maupun empat. Desain konsep juga kerap dihubungkan dengan teknologi mesin terbaru yang bisa menghasilkan tenaga lebih besar dengan bahan bakar yang lebih sedikit.

Dipenjara karena Narkoba, Chandrika Chika Ngaku Salah Pilih Teman

Istilah konsep juga digunakan, meski tidak banyak diberitakan, pada desain ban mobil. Nah, dilansir dari situs Caranddriver Rabu 17 Desember 2014, sebuah perusahaan produsen ban asal Korea Selatan baru saja mengenalkan konsep desain ban terbaru mereka.

Setiap dua tahun, perusahaan Hankook mengadakan kompetisi desain ban yang dikenal dengan nama Design Innovation Project. Pada 2014, tiga desain yang paling menarik temanya sama semua, yakni mengacu pada desain fiksi ilmiah, di mana ketiga ban ini mampu mengubah bentuk sesuai kondisi yang akan dilalui.

Geger! Warga Temukan Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Ban konsep pertama dinamakan Boostrac, yakni ban yang memiliki kembang berbentuk heksagonal. Saat berada di jalan aspal, setiap kembang jaraknya dibuat rapat untuk memaksimalkan traksi.

Namun, ketika hendak melalui jalur tanah dan berbatu, ban ini bisa mengembang, sehingga jarak kembang melebar dan bisa mencengkeram tanah dengan lebih baik.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Desain ban kedua diberi nama Alpike. Ban ini memiliki kembang layaknya ban biasa, namun terbagi-bagi menjadi beberapa bagian.

Saat akan digunakan di jalur bersalju atau es, ban ini akan mengembang, sehingga diameternya bertambah besar. Celah di antara kembang ban yang juga bertambah renggang diklaim bisa membuat ban menapak lebih baik.

Sesuai bentuknya, desain ban ketiga diberi nama HyBlade. Ban ini memiliki alur khusus layaknya kincir air di bagian tengah ban. Guna kincir ini adalah agar mobil bisa bergerak di atas air. Selain kincir di bagian tengah, sisi luar velg juga dimanfaatkan sebagai kincir tambahan yang bisa dibuka tutup.

Hankook juga membuat video animasi untuk menunjukkan kemampuan masing-masing ban. Anda dapat melihatnya melalui video di bawah ini:

(art)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya