Trik Mudah Merawat Aki Agar Tak Cepat Jadi "Aki-aki"

Aki motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVAnews - Aki merupakan elemen terpenting pada sebuah motor. Sebab, perangkat ini merupakan sumber energi listrik, khususnya bagi motor yang menggunakan electric starter.

Aki terdiri dari dua macam, yakni aki basah maupun aki kering. Saat ini, kebanyakan motor sudah menggunakan aki kering, sementara motor-motor terdahulu menggunakan aki basah. Lantas, adakah trik sederhana agar usia aki lebih lama hingga membuat nyaman si pengendara?

Dilansir Welovehonda, ada beberapa jurus jitu yang bisa diterapkan pengendara, apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

1. Perhatikan ketinggian air aki, pastikan air aki selalu di atas garis low level. Bila kurang segera tambahkan, usahakan jangan sampai air aki benar-benar kosong. Jika tidak, hal tersebut dapat mengurangi umur pemakaian aki tersebut.

2. Selesai berkendara, matikan lampu terlebih dahulu sebelum mematikan motor, agar beban aki tidak terlalu besar ketika motor dinyalakan kembali.

3. Sesekali, bersihkan bagian isi aki dengan cara mengurasnya dengan air hangat. Setelah dikuras keringkan aki sebelum diisi air aki, kemudian cas selama dua jam.

4. Untuk aki kering tidak terlalu banyak perawatannya, yang penting lepas saja kabel negatif pada aki jika motor tidak dinyalakan dalam waktu yang cukup lama. (adi)

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Baca juga:

NewJeans

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

Semua mata tertuju pada ADOR dan HYBE saat Min Hee Jin menyerukan konferensi pers pada 25 April. Min Hee Jin mengaku berkonsultasi dengan dukun tentang BTS.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024