Teknologi Canggih Kaca Spion

kaca spion canggih buatan Cadillac
Sumber :
  • Autoblog

VIVAnews - Evolusi kaca spion mobil dari masa ke masa menunjukkan perkembangan yang tidak terlalu signifikan. Berbeda dengan komponen lain seperti mesin atau suspensi, kaca spion kurang banyak mengadopsi teknologi canggih akibat terbatasnya fungsi benda tersebut.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Namun menurut berita yang dilansir dari situs Autoblog, Jumat 19 Desember 2014, salah satu perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Cadillac, akan mengubah fungsi kaca spion tengah menjadi lebih canggih lagi.

Pada dasarnya komponen ini hanya digunakan untuk memantau situasi di belakang mobil yang sedang dikendarai. Refleksi dari apa yang ada di belakang mobil akan dipantulkan kaca ke arah mata pengemudi, sehingga ia dapat memundurkan mobil dengan aman.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Meski kini sudah hadir 'mata digital' yang dapat mengawasi kondisi belakang dengan lebih baik, namun mobil-mobil yang menggunakan fitur ini masih membutuhkan kaca spion tengah. Hal ini disebabkan kamera yang digunakan untuk mengawasi situasi belakang memiliki sudut yang mengarah ke bawah, sehingga kurang efektif memantau semua area di belakang mobil.

Kaca spion tengah yang dikembangkan Cadillac ini akan mengadopsi teknologi electrochromatic, dimana layar TFT beresolusi 1280x240 piksel yang digunakan bisa berubah menjadi cermin apabila tidak sedang digunakan. Fitur ini sudah digunakan di kaca pesawat terbang komersial 787 Dreamliner buatan Boeing.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Gambar yang ditampilkan layar spion ini bersumber dari kamera kecil yang diletakkan di bagian luar kaca belakang. Kamera yang digunakan juga bukan sembarangan, melainkan bisa merekam gambar dengan kualitas high definition dan memiliki sudut pandang yang lebar.

Untuk mengatasi saat hujan turun, lensa kamera telah dilapisi dengan bahan hydrophobic yang diklaim mampu menangkal air. Gambar dari kamera disalurkan ke komputer terlebih dahulu untuk diproses agar bisa menghasilkan video yang tajam.

Kemudahan yang didapat pengemudi dengan adanya teknologi ini yaitu mereka kini bisa melihat situasi belakang mobil dengan lebih jelas, bahkan dalam kondisi minim penerangan sekalipun. Selain itu pandangan juga tidak terhalang lagi oleh penumpang belakang, sandaran kepala dan pilar kaca belakang.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya