Waktu yang Tepat untuk Isi Bensin Kendaraan

Petugas Melakukan Pengisian BBM.
Sumber :
  • Antara/Fanny Octavianus

VIVAnews - Pengisian bahan bakar minyak (BBM) merupakan salah satu kegiatan yang acapkali disepelekan para pengendara. Kebanyakan dari mereka, menganggap jika mengisi ulang BBM dapat dilakukan kapanpun. Padahal tidak juga.

Pemilihan waktu untuk mengisi bensin bisa jadi berpengaruh terhadap kualitas dan kejernihan BBM yang dibeli.

Dilansir WeloveHonda, pagi hari atau larut tengah malam merupakan salah satu waktu terbaik untuk mengisi ulang bahan bakar. Sebab, waktu-waktu tersebut bisa jadi bahan bakar lebih jernih dari kotoran ketimbang waktu-waktu lain. Apa alasannya? Berikut beberapa tipsnya:

Isi bensin pagi atau tengah malam

Saat siang hari, suhu bumi mulai memanas, dan terjadi aliran konveksi pada simpanan deposit bensin di dalam tangkinya. Simpelnya, kotoran yang sudah mengendap di bawah pada pagi dan malam malah naik ke atas ketika siang hari.

Hindari isi bensin ketika pom bensin sedang dilakukan pengisian ulang

Aliran bensin yang sedang digelontorkan ke dalam tempat penyimpanan deposit secara tidak langsung membuang kotoran-kotoran yang telah mengendap sebelumnya di dasar tangki.

Keuntungan saat suhu rendah

Di waktu suhu dingin, densitas dari bensin berada pada posisi yang paling tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi partikel bensin dalam kondisi yang paling rapat. Maka dalam takaran volume yang sama, pengendara dapat memperoleh volume bensin yang lebih banyak ketimbang saat suhu tinggi. Dua liter bensin saat suhu rendah lebih banyak daripada dua liter bensin yang dibeli ketika suhu tinggi.

Suhu terendah bumi 02.30 WIB

Pada saat siang hari, tanah sekitar tempat penyimpanan menyerap panas dan akan menyimpannya. Kondisi ini akan berangsur-angsur menghilang sampai sekira pukul 02.30 pagi. Maka itu, mengisi bensin pada jam-jam segini sangatlah tepat.

Berharap Starlink Bisa 'Hidupi' Daerah 3T

Baca juga:

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

Pengungsi warga Gaza akibat serangan Israel (aljazeera.com)

Perempuan dan Anak-anak Palestina Menanggung Beban Paling Berat

“Secara khusus, semua pihak harus melindungi perempuan dan anak-anak dari bahaya dan memberi mereka perlindungan khusus yang menjadi hak mereka."

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024