FOTO: Mobil Beroda Tiga yang Menuai Banyak Kontroversi

Polaris Slingshot
Sumber :
  • Autoblog

VIVAnews - Entah apa yang ada di benak desainer Polaris saat merancang mobil beroda tiga ini. Meski harus diakui bahwa Polaris Slingshot adalah jenis kendaraan yang sangat menarik.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Namun, gara-gara bentuknya yang tidak biasa, membuat banyak negara bagian di wilayah Amerika Serikat melarang mobil/motor beroda tiga ini beredar di jalan raya.

Menurut berita yang dilansir dari situs Autoblog, Senin 22 Desember 2014, Polaris memasukkan Slingshot ke dalam kategori sepeda motor karena tidak memiliki karakter mobil seperti pintu di kedua sisi dan atap. Namun, fitur yang ada di kendaraan ini mirip dengan yang dimiliki kendaraan beroda empat, yaitu dua jok yang diletakkan bersebelahan dan setir untuk mengendalikan arahnya.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Slingshot menggunakan mesin berkapasitas 2.400cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 173 daya kuda dan torsi maksmimum 225 Newton meter pada putaran mesin 4.700 rotation per minute (rpm).

Untuk menggerakkan roda belakangnya, Slingshot menggunakan transmisi manual lima percepatan yang terhubung melalui sabuk karet (belt) yang diperkuat dengan bahan serat karbon.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Pengemudi mengendalikan arah roda depan melalui setir yang sudah dilengkapi dengan teknologi electric power steering. Untuk menjaga kestabilan, Slingshot dilengkapi dengan Electronic Stability Control atau ESC.

Saat ini, Slingshot dilarang dikendarai di negara bagian Connecticut, Hawaii, Maryland, dan Indiana. Meski Polaris sudah berusaha melakukan pendekatan dengan pemerintah setempat, usaha ini tampaknya sia-sia karena bentuk uniknya yang membuat pihak kepolisian setempat bingung harus menempatkan kendaraan ini dalam kategori mobil atau motor.

(art)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya