Haruskah Kita Mengganti Oli Tiap 5 Ribu Kilometer?

Ilustrasi wanita mandiri.
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Saat membeli mobil baru, biasanya di buku petunjuk kendaraan diberikan informasi mengenai kapan sebaiknya kita harus mengganti oli mesin.

Rata-rata produsen mobil menyarankan penggantian oli berdasarkan seberapa jauh jarak tempuh yang sudah dicapai mobil tersebut. Untuk mobil keluaran terbaru biasanya angka yang disarankan adalah 10 ribu kilometer, sementara untuk mobil lama ada di kisaran lima ribu km.

Menurut berita yang dilansir dari situs Autoguide,Selasa 22 Desember 2014, jarak penggantian oli tidak harus selalu mentaati anjuran pabrik. Hal ini disebabkan penurunan kemampuan oli melumasi komponen mesin dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya situasi lalu lintas yang harus dihadapi mobil tersebut.

Jika mobil lebih sering digunakan di dalam kota, dimana lalu lintasnya cenderung macet, maka umur oli akan mencapai titik terendahnya di kisaran 10 ribu km untuk mobil baru. Sementara itu bila mobil sehari-harinya menempuh jalur tol dan dipacu dengan kecepatan konstan, maka penggantian oli bisa dilakukan dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

Faktor penentu kedua yang tidak kalah penting adalah jenis oli yang digunakan. Saat ini banyak produsen oli yang menawarkan produk yang diklaim bisa digunakan hingga jarak tempuh lebih dari 15 ribu km. Namun apabila Anda menggunakan produk yang harganya lebih murah, jangan berharap kemampuan oli bisa bertahan lebih dari 5 ribu kilometer.

Teknologi yang sudah semakin canggih juga membuat kualitas oli saat ini jauh lebih baik ketimbang 10 atau 20 tahun yang lalu. Hadirnya zat aditif tambahan bisa memperpanjang umur oli hingga ribuan km.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Jadi, untuk mengetahui kapan sebaiknya kita mengganti oli mesin, teliti dahulu spesifikasi oli yang akan digunakan. Jika oli tersebut memiliki SAE (Society of Automotive Engineering) di atas 20W-50 dan harganya cukup murah, maka sebaiknya diganti tiap tiga hingga lima ribu km.

Namun untuk yang SAE-nya 10W-40 ke atas dan digunakan pada mobil baru, maka oli tersebut bisa digunakan hingga jarak tempuh 10 ribu km. Namun apabila sering terkena macet, maka disarankan jarak maksimal adalah 7.500 km. 

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Baca juga:

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Kulit adalah salah satu organ terbesar tubuh kita dan merupakan perlindungan utama terhadap lingkungan luar. Namun, ada beberapa makanan yang memengaruhi kulit seseorang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024