Mobil Ini Anti Tabrak dan Bisa Cari Parkir Sendiri

BMW i3
Sumber :
  • Dok: BMW

VIVAnews - Ajang Consumer Electronics Show (CES) 2015 yang berlangsung mulai 6 hingga 9 Januari 2015 di Las Vegas, Amerika Serikat, dimeriahkan dengan beberapa 'mobil pintar'.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Salah satunya adalah BMW, yang mendemonstrasikan kecanggihan teknologi radar melalui produk mobil listrik i3 mereka. Dilansir dari situs Cnet, 6 Januari 2015, BMW mengenalkan teknologi ActiveAssist yang mereka kembangkan sejak beberapa tahun lalu.

Pada dasarnya sistem ini akan memantau kondisi di sekitar mobil melalui empat radar yang ada pada bumper depan dan belakang. Dua sensor memindai area depan seluas 140 derajat, sementara dua lainnya memiliki lingkup 360 derajat.

Trade Minister Reveals Cause of Onions Price Hike

Dengan fitur ini, mobil bisa mengetahui apabila akan terjadi tabrakan dengan mobil yang ada di depannya. Berbeda dengan fitur rem otomatis yang ada pada beberapa mobil terbaru, sistem ini akan mengambil alih fungsi gas dan rem mobil dari pengemudi secara penuh.

Jadi meski pengemudi menekan pedal gas, mobil tetap akan berhenti jika jarak dengan mobil di depan sudah semakin dekat. Fitur ini akan bekerja pada kecepatan di bawah 24 kilometer per jam, ideal saat terjebak kemacetan di tengah kota.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Parkir Otomatis

Pertengahan Desember 2014 lalu VIVAnews mengenai salah satu teknologi BMW yang memungkinkan mobil untuk mencari tempat parkir secara otomatis. Fitur ini nantinya akan disematkan pada generasi terbaru seri 7 yang akan meluncur di 2016 mendatang.

Namun di CES 2015, BMW mulai mendemonstrasikan kecanggihan fitur ini, yang dipasang pada i3. Pengemudi cukup turun di sebuah titik (depan pintu restoran atau mal), kemudian menekan tombol yang ada pada aplikasi di smartwatch.

Setelah diberi perintah, mobil mulai memindai area tersebut dan mencari lokasi parkir mobil. Setelah ditemukan, i3 akan bergerak menuju lokasi tersebut dan akan memarkir dirinya sendiri. Setelah pemilik selesai beraktivitas, ia cukup menekan kembali tombol tersebut, maka mobil akan kembali meluncur ke tempat semula.

BMW mengatakan bahwa sistem ini mampu mencari parkir baik bentuk seri maupun paralel. (ren)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya