Air Menetes dari Ujung Knalpot Mobil, Bahaya Tidak?

Air menetes dari knalpot.
Sumber :
  • www.ypayonline.com

VIVAnews - Saat memanaskan mesin mobil di pagi hari, banyak pemilik yang kerap menjumpai pemandangan air yang menetes dari ujung knalpot.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

Rasa was-was pun kadang menyeruak di benak para pemilik mobil. Mereka pasti bertanya-tanya, apakah kondisi yang mereka lihat tersebut aman, atau tidak bagi mobil mereka.

Banyak pemilik menduga air tersebut berasal dari ruang mesin dan bisa membuat mesin rusak. Mereka khawatir, jangan-jangan air itu dipicu oleh radiator bocor yang masuk ke mesin, atau kerusakan-kerusakan kecil lainnya yang bila didiamkan dapat memperparah keadaan.

Dilansir Astraworld, sebenarnya, air yang keluar dari knalpot tidak mengindikasikan bahaya. Air tersebut keluar karena proses kimia biasa.

Penjelasannya terkait dengan rumus kimia. Rumus kimia bahan bakar atau bensin (C8H18) dan Oksigen (O2). Pembakaran sempurna mensyaratkan bahan bakar dan oksigen dalam komposisi yang tepat, yaitu dilambangkan dengan formula 2C8H18 + 25O2. Formula ini akan menghasilkan 16 CO2 + 18H2O.

Jika memerhatikan rumus kimia terakhir, di sana tertera H2O. Nah, H2O inilah yang disebut dengan air. Ia akan terlihat pada ujung knalpot, terutama pada saat posisi mesin idling.

Selain hasil dari proses pembakaran, bisa saja ada embun di dalam knalpot, karena temperatur belum panas. Embun ini akan terbuang keluar karena dorongan gas buang dari knalpot.

Resmi Jadi Presiden Terpilih, Prabowo Tak Akan Mundur dari Jabatan Menhan

Pada saat temperatur naik, air ini akan menguap sehingga tidak ada lagi air keluar dari knalpot.

Maka itu, tidak perlu cemas. Hal ini bahkan menandakan bahwa pembakaran berlangsung sempurna. Campuran bahan bakar dan udara yang ideal, waktu pengapian dan bunga api tepat, serta tekanan pembakaran alias kompresi cukup.

Bila ketiga hal ini tidak terpenuhi, akan sangat mungkin proses pembakaran tidak berlangsung optimal.

Suhu dingin

Pada daerah bersuhu dingin, kejadian air menetes dari knalpot sering terjadi karena sedikit banyak hal ini dipengaruhi oleh temperatur udara sekeliling yang dingin. Untuk daerah beriklim tropis, saat musim hujan, potensi terlihatnya air menetes dari knalpot semakin besar.

Setelah hujan turun, otomatis temperatur udara akan turun. Air yang dihasilkan dari proses pembakaran tadi sebagian tidak akan menguap karena temperatur dingin, namun tetap menjadi butiran air yang keluar lewat knalpot. Sedangkan sebagian lagi yang menguap, biasanya terlihat seperti asap tipis yang keluar dari knalpot.

Pemilik baru perlu curiga jika ada masalah di mesin mobil, yakni keluar asap tebal keluar dari knalpot, dibarengi dengan adanya endapan hitam oli mesin serta kuantitas oli mesin yang sering berkurang.

Baca juga:

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024