VIDEO: Ayah Buatkan Anaknya Gokart dari Bahan Sederhana

Gokart buatan tangan yang ditenagai oleh mesin bor bekas
Sumber :
  • Autoevolution

VIVAnews - Apakah anak Anda selalu merengek minta dibelikan mobil gokart yang harganya mencapai jutaan rupiah? Atau istri Anda selalu menyuruh untuk bangkit dari sofa dan membuatkan sesuatu yang bisa membahagiakan buah hati?

VIDEO: Kawanan Unta Bikin Mobil di Tol Kocar-kacir

Anda bisa mencontoh ayah yang satu ini. Dilansir dari situs Autoevolution, Minggu 11 Januari 2015, seorang anak berusia lima tahun mendapat kejutan dari ayahnya. Kejutan ini berupa mainan gokart yang dibuat sendiri oleh ayahnya dari bahan-bahan sederhana.

Sebagai sasis, sang ayah menggunakan papan kayu yang direkatkan dengan menggunakan baut. Kemudi dan as roda juga diambil dari bahan yang sama.

Sistem tali yang terhubung dengan katrol kecil digunakan agar roda depan bisa digerakkan ke arah kiri dan kanan. Untuk setir, cukup memakai frisbie, yaitu sebuah plastik bundar yang biasa dipakai orang untuk berolahraga bersama anjing kesayangannya.

Foto Lima Jalan Paling Ekstrem dan Mengerikan

Namun, yang paling unik dari video ini adalah sistem penggeraknya. Sang ayah mendapat ide jenius untuk memanfaatkan mesin bor nirkabel bekas yang tergeletak di garasi mereka. Bor ini diletakkan menempel langsung dengan roda belakang, dan dibuatkan semacam pengatur kecepatan yang terhubung ke papan di kaki kanan.

Agar anaknya tidak meluncur bebas tanpa kendali di jalanan, ayahnya juga membuat rem sederhana dari bahan kayu yang menempel pada ban belakang. Saat diinjak, papan kayu di kaki kiri depan akan menarik papan lainnya yang ada di dekat roda sehingga menempel dan mengurangi kecepatan putaran.

Unik, Suami Minta Maaf ke Istri dengan Sewa Ribuan Taksi

Meski gokart ini tidak akan bertahan lama, namun kita bisa melihat betapa bahagianya si anak melaju dengan mainan yang dibuat sendiri oleh ayahnya. Jadi terbukti bahwa hal yang sederhana juga bisa memberi kebahagiaan, asal kita mau melakukannya. (one)

Simak videonya di bawah, atau klik tautan ini:

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya