Sebab-sebab Asap Putih Keluar dari Knalpot

Knalpot modifikasi
Sumber :
  • Caradvice

VIVAnews - Para pemilik mobil yang memiliki kendaraan agak berumur biasanya kerap dihantui permasalahan asap knalpot berwarna putih. Selain merusak gengsi saat berkendara, kondisi itu tentu mengkhawatirkan. Sebab, bisa saja ada kerusakan yang tak dimengerti pemiliknya. Lantas mengapa asap putih muncul?

Dilansir OkeToyota, asap berwarna putih yang keluar dari dubur alias knalpot mobil biasanya merupakan pertanda mobil tersebut sedang bermasalah. Asap putih muncul karena rusaknya komponen mesin, khususnya pada ring seher dan ring piston.

Untuk membereskannya, Anda cukup memeriksa dua komponen tadi, apakah masih bekerja dengan baik atau tidak.

Selain penyebab utama tersebut, ada penyebab lain yang bisa menimbulkan asap putih. Penyebab lain itu yakni embun yang terperangkap di knalpot. Jika Anda perhatikan saat memanaskan mesin mobil di pagi hari, akan muncul asap putih dari knalpot. Ini bisa jadi karena embun atau uap air yang terperangkap di knalpot.

Untuk keadaan ini, Anda tidak perlu khawatir, karena ini masih dalam batas wajar. Namun jika hal ini berlangsung terus menerus, ada baiknya segera mengecek komponen mesin mobil Anda.

Penyebab lainnya keluar asap putih bisa pula disebabkan dari PCV Valve yang mengalami kerusakan atau patah. PCV Valve yang mengalami kerusakan dapat membuat oli tersedot dari ruang mesin. Oli ini kemudian terbakar di ruang pembakaran.

Selain itu, asap putih bisa juga terjadi karena seal klep yang bocor. Anda dapat mengenali kerusakan ini jika asap putih dari knalpot muncul saat mesin kendaraan belum panas dan pada saat mobil sedang melaju. Pastikan Anda mengecek seal klep dan memeriksa takaran oli untuk mengetahui ada atau tidaknya oli yang terbuang berlebihan.

Pada dasarnya asap putih atau asap hitam ini merupakan gejala awal kerusakan mesin. Untuk mencegah permasalahan ini dan mencegah kerusakan lebih lanjut, pastikan Anda selalu merawat mesin secara berkala. Serta gunakan suku cadang asli demi menghindari kerusakan mesin.

Baca juga:

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017