Indonesia Lumbung Penjualan Motor Honda Terbesar di Dunia

Ilustrasi penjual motor.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Executive Vice President Director Astra Honda Motor (AHM), Johannes Loman, menyatakan jika industri sepeda motor pada awal tahun 2015 memiliki beragam tantangan yang akan mempengaruhi permintaan sepeda motor.

Kendati demikian, AHM mengaku akan berusaha dengan memberikan beragam produk baru agar kondisi pasar motor yang tengah lesu ini dapat teratasi. Salah satunya dengan memproduksi langsung skutik berkapasitas mesin 150cc, yaitu All New Honda Vario 150 eSP.

“Kami perkirakan permintaan sepeda motor tahun ini setidaknya akan sama dengan tahun lalu. Namun hal tersebut tidak menghalangi langkah kami untuk terus meluncurkan produk-produk andalan di setiap segmen. All New Honda Vario 150 eSP kami yakini dapat membantu jualan kami di 2015," ujar Loman, di Jakarta, Rabu 14 Januari 2015.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) sepanjang 2014, penjualan sepeda motor Honda tercatat terjual sebesar 5.051.100 unit atau menguasai 64,2 persen dari total penjualan sepeda motor nasional.

Menurut Loman, penjualan lima juta unit merupakan rekor pertama kalinya dalam sejarah penjualan Honda di seluruh dunia. Pencapaian ini terutama disumbang oleh segmen skutik Honda yang mampu merengkuh penjualan 3.880.190 unit dengan pangsa pasar sebesar 73 persen.

"Honda Vario series menjadi salah satu penopang utama penjualan skutik Honda. Sejak kehadirannya sebagai skutik Honda pertama di Indonesia pada 2006, model ini terus mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Hingga akhir tahun lalu, Honda Vario series telah berhasil terjual sebanyak 6.585.048 unit," tuturnya.

Baca juga:

Motor 'Ayam Jago' Honda Hadir dengan Warna Baru

Demi Cetak Pembalap, AHM Gelar Honda Dream Cup
Honda CBR250RR diproduksi di pabrik AHM Karawang.

RI Jadi Basis Produksi Honda CBR250RR, Kok Bisa?

Motor diproduksi di pabrik AHM Karawang.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016