CR-V Terbaru Masih Pakai Airbag Takata, Ini Kata Honda

Honda New CR-V 2015
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi  meluncurkan model terbaru New Honda CR-V di Indonesia. Perubahan dalam bentuk facelift ini terjadi mulai dari sektor interior dan juga eskterior.

Namun, dari sekian banyak penyegaran yang ditampilkan, New Honda CR-V, ada yang tak mengalami perbuahan, yaitu pada sistem keselamatan kantung udara atau airbag.

Menurut Marketing and Aftersales Service PT HPM, Jonfis Fandy, New Honda CR-V masih menggunakan airbag yang diproduksi produsen komponen keselamatan yang bermarkas di Jepang, Takata Corp.

“Airbag masih Takata, kalau ada kasus kita pasti ganti,” tegas Jonfis, saat peluncuran New Honda CR-V di Jakarta, Jumat 16 Januari 2015.

Meskipun Takata sempat membuat sejumlah perusahaan otomotif dunia, tak terkecuali Indonesia kecewa akan produksi kantung udara, Jonfis percaya CR-V terbaru tidak akan mengalami masalah.

Jika demikian, Honda tak akan segan-segan untuk melakukan penarikan kembali, atau recall terhadap produk yang bermasalah.

“Honda itu, kalau ada recall kita tidak akan sembunyi. Kalau ada recall kita langsung ganti,” ujar Jonfis.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu dunia otomotif terpukul akibat kantung udara yang terdapat pada kendaraan yang dijual bermasalah. Namun, itu bukan karena perusahaan mobil yang membuat kantung udara, atau melainkan diproduksi produsen komponen keselamatan yang bermarkas di Jepang, Takata Corp.

Penarikan mobil pun terjadi terkait dengan airbag Takata yang awalnya berlangsung di Amerika Serikat (AS) dan Meksiko.

Sejumlah raksasa otomotif yang menjadi korbannya mulai dari Honda, Toyota, Nissan, General Motors, Chrysler, Mazda, Mitsubishi, Ford, Dodge, hingga BMW.

Adapun permasahalah yang terjadi , menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), masalah yang terjadi pada airbag Takata berada pada bagian inflator-nya.

Inflator merupakan alat berbentuk kapsul yang menyimpan butiran-butiran peledak sebelum akhirnya meluncur deras ke kantong udara hingga mengembang.

Daftar 5 Merek Mobil Paling Laris, Toyota Menjauh

Baca juga:

(asp)

Honda Ngotot Luncurkan Sedan Civic, Ini Alasannya
Mobil-mobil Baru di IIMS 2016

Pamerkan 23 Mobil Baru di IIMS, Honda Klaim Banjir Pesanan

Dalam empat hari, angka pemesanan tembus 1.000 unit.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016