Cara Sederhana Cegah Kolong Mobil Berkarat di Musim Hujan

Ilustrasi kolong mobil
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bagian kolong mobil sepertinya merupakan bagian yang jarang disentuh atau diperhatikan para pemilik kendaraan. Sebab,  letaknya di bawah dan tidak mudah terlihat sehingga bagian kolong mobil acap kali diabaikan untuk dibersihkan.

Terlebih, saat-saat hujan lebat yang sering mengguyur seperti sekarang ini, banyak pemilik enggan memperhatikannya. Padahal, air hujan mengandung garam yang dapat menyebabkan karat, dan tentunya memperpendek masa usia pakai kendaraan.

Dilansir Astrawolrd, secara fisik, indikasi karat dapat diketahui dengan mudah. Bagian kolong mobil yang terbuat dari logam akan terasa kasar (tidak licin/halus) dan tampak kekuning-kuningan. Jika menemukan indikasi-indikasi seperti ini, segera perbaiki.

Lihat dulu seberapa parah kondisi karatnya. Kalau masih sedikit, cukup diamplas bagian yang karat lalu berikan anti-karat supaya karat tidak melebar.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Tetapi jika sudah tergolong parah, sebaiknya bawa ke body repair. Di sana bagian yang karat akan dipotong dan ditutup kembali memakai pelat besi baru melalui proses pengelasan, baru kemudian dilapisi antikarat.

Sementara untuk mengantisipasi karat tumbuh di bagian kolong mobil, sebaiknya Anda rajin membersihkannya, terutama di saat kondisi hujan yang terus mengguyur saat ini. Usahakan tidak membiarkan tumpukan kotoran menempel terlalu lama di logam-logamnya.

Disarankan, tidak lebih dari 24 jam setelah melibas genangan air, bawa mobil ke tempat cuci mobil yang bisa membersihkan hingga ke kolong-kolong.

Upaya tersebut perlu dilakukan sebagai langkah perawatan mobil agar mobil tidak mudah berkarat, terutama di bagian kolong. Meskipun kadang sudah diberikan dengan anti-karat, kolong mobil sering tertempel kotoran. Nah, kotoran dan air yang bertumpuk di kolong mobil dapat memicu timbulnya korosi.

Efek buruknya, tentu lama kelamaan logam-logam di bagian kolong mobil berkarat dan keropos. Selain itu, pastikan tidak ada sisa-sisa air dan pembersih setiap kali habis mencuci mobil.

Baca juga:

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016