Pakai Euro3, Berapa Harga Yamaha Jupiter Z1 Terbaru?

Jupiter Z1 Euro3.
Sumber :
  • Foto: Dok Yamaha Indonesia.

VIVAnews – Yamaha Indonesia menyatakan siap menerapkan standar emisi gas buang Euro3 pada line-up-nya. Terbukti, pengaplikasian ini dilakukan pada salah satu motor underbone (bebek)-nya, Jupiter Z1.

Menurut Mohammad Masykur, Asisstant General Manager (GM) Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), aplikasi Euro3 yang dijejali pada Jupiter Z1 berupa dua perangkat baru, yaitu Electronic Control Unit (ECU) dan knalpot catalic conveter dengan O2 sensor. Dengan perangkat tersebut, motor akan makin ramah lingkungan.

Selain itu, kata Masykur, ada perubahan panjang katalis, di mana sebelumnya panjang 30 milimeter menjadi 60 mm, sehingga matrix volume katalis naik dari 25,7 sentimenter kubik (cm3) menjadi 51,4 cm3.

”Memenuhi standar Euro3, karena kontribusi katalis di knalpot. Dengan standar Euro3, saringan knalpot lebih baik, sehingga gas buangannya juga lebih ramah lingkungan,” ujar Masykur dalam keterangan tertulisnya, Rabu 21 Januari 2015.

Masykur juga menyatakan, Yamaha siap menghadapi standar Euro3, karena sejumlah produknya sudah disiapkan menuju standar tersebut. Sebelumnya, mereka juga mengaku telah mengaplikasikan teknologi Fuel Injection.

Artinya, motor Yamaha dengan Euro3 pastinya sudah mengadopsi sistem FI. Sistem tersebut, diketahui mempunyai performa baik, sehingga dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar yang efisien, emisi gas buang rendah, serta ramah terhadap lingkungan.

“Tidak hanya Jupiter Z1, motor-motor baru Yamaha yang akan dikeluarkan tahun ini bakal menggunakan Euro3 yang merupakan standar global dan internasional,” ungkap Masykur.

Soal harga, banderol Jupiter Z1 Euro3 tidak berubah, karena masih sama seperti sebelumnya, yakni Rp14,615 juta on the road Jakarta.

Sebelumnya, Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memilih menggunkaan regulasi standar Euro3 yang dikeluarkan Worldwide Motorcycle Emission Test Cycle (WMTC). Standar ini berlaku global, tidak hanya di Eropa seperti regulasi ECE R40.

Dengan aturan WMTC, motor bisa diekspor ke seluruh dunia. Poin plus standar Euro3 WMTC dibandingkan ECE R40, yaitu adanya aturan untuk mereduksi noise, khususnya pada muffler (knalpot) dan mesin motor. (asp)

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo



Baca juga:

Wajah Skuter Terbaru Yamaha Mirip Vespa

Banjir Diskon Motor Yamaha di IIMS, R25 Paling Besar
Yamaha R25 versi ABS

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?

Yamaha masih melakukan pengkajian terhadap Pertamax Turbo.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016