VIDEO: Driver dan Biker Makin Harmonis dengan Fitur Ini

Jaguar Land Rover kembangkan fitur pendeteksi sepeda
Sumber :
  • Carbuzz

VIVA.co.id - Di hampir seluruh negara, hubungan antara pengemudi mobil dan pengendara sepeda sangat renggang jaraknya. Mereka memiliki argumen sendiri-sendiri mengenai hak dan kewajiban sebagai pengguna jalan.

Dulunya Sarang Burung, Ternyata Kini Jadi Mobil Rp5,9 M

Untungnya kini akan segera hadir teknologi baru yang memungkinkan pengendara mobil mengetahui apabila ada sepeda yang akan melintas di dekat mereka, sehingga dapat mencegah terjadinya tabrakan.

Dilansir dari situs Carbuzz, Kamis 22 Januari 2015, fitur ini dikembangkan oleh Jaguar Land Rover (JLR), yang merupakan produsen otomotif spesialis mobil-mobil mewah. Fitur ini bekerja melalui beberapa sensor yang terhubung ke komputer. Sensor diletakkan di bagian depan dan belakang mobil, dan dapat memantau dengan sudut yang cukup lebar.

David Beckham Tambah Koleksi Mobil Mewah

Apabila ada pesepeda yang melintas saat mobil hendak berbelok, maka komputer akan mengaktifkan peringatan berupa suara dan getar pada jok bagian kiri atau kanan pengemudi, tergantung posisi dari sepeda tersebut.

Hal yang sama juga terjadi saat pengemudi hendak keluar dari mobil. Bila ada sepeda yang sedang melaju kencang, tuas pembuka pintu mobil akan bergetar untuk memberi peringatan pada pengemudi.

Jaguar Siapkan 'Senjata' Baru di Segmen Crossover

Sayangnya JLR belum memutuskan kapan fitur ini akan dipasang pada mobil-mobil keluaran terbaru mereka. (ren)

Anda dapat menyimak videonya di bawah, atau klik tautan ini:

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya