Jok Mobil Ini Akan Bergetar Sebelum Tabrakan

Ilustrasi jok mobil
Sumber :
  • iStock

VIVAnews – Perusahaan mobil asal Amerika Serikat, General Motors dengan brand-nya Chevrolet siap menghadirkan fitur terbaru pada mobil barunya di 2015. Fitur teranyar ini disebut mampu mendeteksi sebelum terjadi kecelakaan, yakni Safety Alert Seat.

Dilansir Media Chevrolet, Kamis 22 Januari 2015, fitur terbaru ini bekerja sebagai tanda peringatan yang dapat memberitahukan pengemudi sebelum tabrakan yang terletak pada bagian kursi pengemudi, di mana kursi akan bergetar jika kendaraan terdeteksi akan kecelakaan.

"Alat ini menggunakan sebuah sentuhan untuk berkomunikasi saat terjadi ancaman kecelakaan dapat membantu menghentikan kekacauan informasi pada sensorik visual dan auditori pada pengemudi," kata General Manager Active Safety Technical Fellow, Raymond J. Kiefer.

Dikatakan, fitur ini akan bergetar secara otomatis dan dapat dirasakan pada bagian paha bawah, baik kanan ataupun kiri. Misalkan, jika mobil sebelah kiri terdeteksi akan tabrakan, maka bagian kursi sebelah kiri akan bergetar.

Selain getaran pada bagian kursi, sebelum terdeteksi akan tabrakan, fitur ini juga dilengkapi dengan suara peringatan yang berbunyi ‘beep’.

"Teknologi Keselamatan ini akan efektif atas dasar kemauan pelanggan dan kemampuan untuk menggunakannya. Jika Safety Alert Seat berfungsi, tentu ini akan mendorong pelanggan kami untuk menerima pemberitahuan ancaman kecelakaan, dengan memberikan tanda suara pada driver. Kami pikir itu baik bagi mereka serta pengendara lain," ujarnya.

Setidaknya, fitur keamanan ini terlebih dahulu akan diterapkan pada beberapa model Chevrolet termewah pada jenis Chevrolet yang dibangun 2015, seperti Silverado, Suburban, dan Tahoe.

Baca juga:

Kebuasan Mobil yang Ditunggu-tunggu Tahun Ini

Chevrolet Siapkan Mobil Baru Kelas SUV
All New Captiva terbaru mejeng di GIIAS 2016.

All New Captiva dan Trailblazer Terbaru Mejeng di GIIAS 2016

Captiva mengalami ubahan pada eksterior dan interior.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016