Etika Meludah yang Baik Saat Berkendara

Ilustrasi mengemudi.
Sumber :

VIVA.co.id - Anda mungkin pernah merasa jijik, atau barangkali kesal ketika ada pengendara mobil di sekitar mobil Anda tiba-tiba menurunkan kaca jendela lalu meludah.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Meskipun air liurnya tidak mengenai mobil, bisa jadi secara spontan tangan kita menutup mulut dan hidung. Bahkan, sebagian besar orang mungkin tersinggung jika berada dekat pengendara seperti itu.

Tapi, apa boleh buat. Ketimbang bertengkar di jalan raya, pada umumnya kita hanya mengumpat seraya menuding pengendara yang membuang ludah sembarangan sebagai orang yang tidak beretika, serta kurang memiliki sopan santun.

Tindakannya pun dapat dinilai sebagai perbuatan yang berpotensi mengganggu kesehatan orang lain. Bukankah di dalam liur itu mungkin saja terkandung bakteri yang bisa menyebarkan penyakit.

Maka, itulah perlunya etika. Seperti tata krama yang sudah kita kenal, kita dilarang meludah sembarangan. Begitu juga pada saat berkendara. Lalu, bagaimana caranya jika mendadak ada air liur yang harus kita buang pada saat sedang berada di dalam kendaraan yang sedang melaju di jalan raya?

Berikut etikanya seperti dilansir AstraWorld:

1. Usahakan untuk menahannya sejenak dan segera mencari tempat di pinggir jalan yang bisa kita gunakan sebagai tempat untuk membuang ludah.

2. Bila poin pertama tidak memungkinkan, misalnya karena sedang berada di tengah kemacetan jalan atau sebab lain, tetap tidak ada alasan untuk menurunkan jendela mobil dan membuang ludah ke luar mobil.

3. Gunakan sapu tangan pribadi. Bisa juga menggunakan tissue, kertas, atau benda-benda yang bisa ditempatkan sebagai alat penampung. Lalu, letakkan di tempat sampah atau tempat-tempat tertutup. Dan jangan lupa untuk segera membuangnya bila mobil sudah sampai di lokasi tujuan.

Karena itu, untuk mengantisipasi kebutuhan mendadak seperti ini, lengkapi mobil Anda dengan tissue dan tempat sampah. Bila sedang menderita batuk, flu, maupun penyakit lain yang akan sangat baik juga meniru perlengkapan yang biasa disiapkan di pesawat terbang.

Di pesawat biasanya disiapkan air sick bag, yaitu kantung berbahan kertas dengan lapisan plastik yang dapat dijadikan tempat menampung muntahan. Coba saja siapkan alat semacam ini di mobil Anda.

Baca juga:

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

Waspada Salah Beli Mobil Gara-gara Lirikan SPG
Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017