Berat 8 Ton, Mobil Dinas Obama Dibekali Senjata Rahasia (I)

Limousine dinas canggih yang dibesut Obama.
Sumber :
  • www.motorbeam.com

VIVA.co.id - Semua pejabat tinggi di berbagai negara selalu mendapatkan fasilitas mobil untuk perjalanan dinas mereka. Demikian juga dengan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Presiden Amerika ke-44 ini diberi fasilitas sebuah mobil limousine, yang dikenal dengan sebutan Cadillac One.

Mewah, nyaman, memiliki kecepatan tinggi serta tingkat keamanan yang tinggi sudah menjadi syarat utama tunggangan setiap presiden, termasuk mobil dinas Obama. Namun, tahukah Anda jika mobil tersebut memiliki berat delapan ton?

Ya, seperti dilansir Motorbeam, Selasa 27 Januari 2015, mobil dinas Obama yang dijuluki The Beast ini memiliki bobot demikian. Beratnya mobil itu lantaran dibuat dengan bahan-bahan baja sebagai unsur pendukung keamanan sang presiden.

Laporan menyebutkan jika mobil limousine khusus Obama dibuat oleh raksasa otomotif General Motors. Mobil itu didasarkan pada basis Cadillac DTS, dengan sasis dan kabin yang direvisi.

Mobil ini dilengkapi dengan suplai oksigen dan mekanisme pemadam kebakaran jika mobil dalam keadaan buruk. Namun untuk mencegah ledakan, tangki mobilnya dibuat dengan lapis baja.

Limousine dinas milik Obama disebutkan dapat menampung penumpang tujuh orang. Untuk membuat nyaman, dibuatlah beberapa kompartemen. Kursi dekat presiden pun dibuat dapat menampung empat orang.

Dapat Kado, Berapa Harga 'Lamborghini' Anak Raffi Ahmad?

Di kursi Obama, terdapat telepon satelit untuk memudahkannya berkomunikasi. Fasilitas utama telepon itu juga dibekali tombol khusus yang mengoneksikan langsung dengan wakil presiden, dan Pentagon. Tombol panik itu sengaja disediakan jika nyawa sang presiden terancam, atau dalam keadaan darurat.

Setiap pintu limousine Obama ternyata berlapis baja setebal delapan inci. Ketebalan itu setara dengan pintu kabin pesawat Boeing. Kacanya dapat menahan serangan peluru 0,44 magnum.

Hanya ada kaca selebar tiga inci yang dapat terbuka dan terletak di dekat sopir. Hal itu dimaksudkan agar memudahkan sopir dapat berkomunikasi ke luar. (Bersambung)

Artis Ini Lapisi Mobil Mahalnya dengan Stiker, Takut Lecet?

Baca juga:

Dibawa Latihan, Begini Mewahnya Mobil Baru Wayne Rooney

Mobil milik Soekarno yang dipajang di Festival Kota Lama, Semarang.

Intip 'Seksinya' Mobil Koleksi Soekarno, Mewah di Eranya

Mobil itu sukses menyedot pengunjung di Festival Kota Lama.

img_title
VIVA.co.id
20 September 2015