5 Mobil Konsep Buick yang Paling Berpengaruh di Dunia

Buick Wildcat 1985.
Sumber :
  • www.carscoops.com

VIVA.co.id - Perusahaan mobil asal Amerika Serikat, Buick, tampil memukau di ajang Detroit Auto Show yang baru saja digelar. Perusahaan binaan General Motors itu cukup dilirik para penggila otomotif, lantaran selalu menghadirkan mobil-mobil konsep yang memukau banyak pihak.

Menurut Wakil Presiden General Motors Global Design, Ed Welburn, sejak 1938, Buick memang dikenal sebagai perusahaan yang memainkan peran penting dalam mengembangkan model-model produksi baru.

"Desain-desainnya mendorong batas-batas anggun, proporsi elegan dan desain interior progresif. Konsep Buick selalu terinspirasi dengan relevansi masa depan yang tidak terlalu jauh," kata Ed Welburn, seperti dilansir Carscoops, Selasa 27 Januari 2015.

Dari sekian banyak mobil konsep yang ditetaskannya, ternyata ada lima model yang dianggap berhasil mempengaruhi mobil-mobil yang ada saat ini. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Y-Job (1938)

Kepala Desain Mobil General Motors Resmi Pensiun


http://4.bp.blogspot.com/-HhyNKPU49s4/VL-au5Q50sI/AAAAAAAAYo8/t-ijEtJyO08/s1600/1938-Buick-Y-Job.jpg

Secara luas, mobil ini dianggap sebagai mobil konsep yang pertama diindustrikan. Y-Job dikembangkan oleh kepala desain pertama GM, Harley Earl.

Benarkah GM 'Trauma' Buka Pabrik Mobil di Indonesia?

Sama seperti banyak mobil konsep hari ini, mobil itu dihadirkan dengan tujuan mengukur respons masyarakat terhadap gaya yang inovatif dan fitur ketimbang pratinjau model produksi baru.

2. Wildcat Series (1953-1955)


http://1.bp.blogspot.com/-och3JznjusQ/VL-aux294QI/AAAAAAAAYpA/gCvY9jSs7yc/s1600/1954-Buick-Wildcat-II.jpg

Usai 'Lempar' Trax, GM Bakal Luncurkan Model Baru?

Buick Wildcat series ini merupakan kendaraan konsep yang menampilkan desain futuristik serta teknologi baru dan inovatif. Konsep Wildcat pertama kali dihadirkan tahun 1953 dengan dua tempat duduk dengan tubuh fiberglass, dan roda empat yang sudah dibekali rem cakram.

Hal ini kemudian berlanjut pada tahun 1954 oleh Wildcat II. Generasi tersebut hadir lebih kecil, sporty, dan memperkenalkan desain yang lebih radikal dengan fender depan terbuka. Mobil konsep ini berlanjut pada 1955 dengan Wildcat III. Mobil tersebut memamerkan bukaan fender depan memanjang.

3. Riviera Silver Arrow III  (1972)


http://4.bp.blogspot.com/-LiGHZu8nZNg/VL-avYSO1iI/AAAAAAAAYpg/ZC1O1fbJlZY/s1600/1972-Buick-Riviera-SilverArrow-III.jpg

Model ini hadir dengan didasarkan pada model produksi generasi ketiga Riviera. Mobil ini menampilkan elemen desain berani serta teknologi canggih seperti roda empat rem anti penguncian dan sistem kontrol traksi Max Trac.

Dirancang oleh Bill Mitchell, mobil ini memiliki garis atap diturunkan, kuartal jendela dibenahi dan enam lampu halogen. Di dalam, Silver Arrow III memiliki pedal yang disesuaikan, dan hadir dengan roda kemudi telescoping.

4. Centieme (2003)


http://3.bp.blogspot.com/-VDaous58HgI/VL-avw_fdAI/AAAAAAAAYpI/SMhAcJ3qAqY/s1600/2003-Buick-Centieme.jpg

The Centieme lahir sebagai penanda milad Buick ke-100. Model ini lahir dengan mengusung visi masa depan. Centieme tampil dengan menampilkan unsur-unsur seperti aluminium dan aksen kayu dan pencahayaan yang mumpuni.

5. Velite (2004)

http://1.bp.blogspot.com/-ud3YN4_kvYY/VL-awA013OI/AAAAAAAAYpU/WEdDRDgxWss/s1600/2004-Buick-Velite.jpg

Mobil ini dirancang di Warren, Michigan, dan dibangun oleh coachbuilder terkenal Bertone di Italia. Velite hadir dengan isyarat desain seperti portholes pada fender depan dan dek belakang berkontur perahu.

Ekornya, mengingatkan akan model Buick masa lalu. Mobil ini dijejali mesin 3.6 liter twin-turbocharged V6 yang dapat menyemburkan tenaga 400 horse power dengan sistem penggerak roda belakang. (art)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya