Bolehkah Sepeda Motor Menggunakan Oli Mobil?

Pelumas Fastron.
Sumber :
  • Dokumentasi Pertamina

VIVA.co.id - Di beberapa forum otomotif, beberapa pengguna sepeda motor mencoba mengganti oli mesin motor mereka dengan produk yang khusus untuk kendaraan beroda empat. Bolehkah hal ini dilakukan?

Sering Gonta-ganti Merek Oli Mesin, Adakah Efeknya?

Menurut berita yang dilansir dari situs Pertaminaracing, Rabu 28 Januari 2015, sebenarnya tidak ada masalah apabila oli khusus mobil diisi ke kendaraan beroda dua. Bahkan bila membeli oli yang kualitasnya tinggi, performa motor bisa jadi lebih baik dan suara mesin sedikit lebih halus.

Namun yang harus diingat, rumah transmisi pada mobil sudah terpisah dengan blok mesin, sehingga transmisi membutuhkan oli khusus yang terpisah. Nah, di kebanyakan sepeda motor (kecuali motor matik), rumah transmisi menyatu dengan blok mesin.

Shell Serius Garap Oli Khusus Skuter Matik

Artinya, oli mesin untuk sepeda motor juga berfungsi untuk melumasi komponen yang ada di dalam transmisi. Sayangnya, oli yang dibuat khusus untuk mobil tidak dicampur dengan aditif pengurang selip, sehingga bila digunakan di sepeda motor, risiko selip yang terjadi pada kopling bisa saja terjadi.

Sementara itu, pemilik mobil yang mengisikan oli khusus sepeda motor ke dalam mesin mobilnya tidak perlu khawatir, karena perlindungan yang diberikan pelumas tidak berbeda dengan oli khusus mobil. Hanya saja, adanya tambahan aditif anti selip kopling menjadi tidak berguna bagi mesin. (art)

Honda Kenalkan Oli Baru Khusus Motor Bebek dan Sport

Baca juga:

Benarkah Oli Mobil Harus Diganti Setelah Perjalanan Jauh?

Macet membuat beban mesin menjadi tinggi.

img_title
VIVA.co.id
15 Januari 2016