Mobil Buatan Printer 3D Ini Bisa Ngacir 50 Km/Jam

Mobil RC hasil printer 3D.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id - Sebuah tim yang terdiri atas tiga orang, yakni Max Greenberg, Sammer Eleswarapu, dan Ian Cullimore sukses mengembangkan mobil remote control (RC). Uniknya, mobil ini dibuat dengan menggunakan teknologi printer tiga dimensi.

VIDEO: Kawanan Unta Bikin Mobil di Tol Kocar-kacir

Dilansir Autoevolution, Kamis 29 Januari 2015, mobil itu ternyata dibuat berdasarkan inspirasi mobil balap Formula 1 di 1950-an. Untuk pengembangannya, mobil berkelir hitam ini didesain di Art Center College of Design di Pasadena, Amerika Serikat.

"Kami fokus untuk menciptakan kendaraan yang akan menggabungkan semua pendidikan teknik masa lalu dengan keterampilan seni desain yang ada di art center ini," ujar Greenberg.



Laporan menyebutkan jika mobil remote control ini didukung oleh karet belt 16-kaki yang dapat menggerakkan mesin mobil pada kecepatan 30 mph atau 50 kilometer per jam. Remote control tersebut juga berlaku untuk menggerakkan pengereman dan kemudinya.

Kecepatan itu bisa ditoreh lantaran bobotnya yang ringan. Hal itu juga didukung dengan sasis yang dibuat dengan inspirasi cara kerja kibasan tulang bagian dalam sayap burung. Kelebihannya, ada momentum di kala mendukung akselerasi kendaraan.

Foto Lima Jalan Paling Ekstrem dan Mengerikan



Suksesnya mobil ini tak terlepas dari campur tangan perusahaan printer tiga dimensi bernama Solid Concept. Metode pencetakannya menggunakan teknologi selective laser sintering yang diklaim mampu menggunting bahan metal sekali pun. (art)

Baca juga:

Unik, Suami Minta Maaf ke Istri dengan Sewa Ribuan Taksi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya