Joss, Mobil Murah Datsun Dimodifikasi Jadi Perpustakaan

Datsun modifikasi perpustakaan.
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Predikat mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) tak menjadi halangan bagi Datsun Indonesia untuk tetap bisa dimodifikasi.

Sebab, Datsun Indonesia melakukan perombakan terhadap salah satu line-up nya, Datsun Go+ Panca menjadi sebuah mobil perpustakaan keliling.

Langkah modifikasi ini dilakukan sebagai mobil sumbangan Datsun Indonesia bekerja sama dengan Yayasan 1001 buku, dalam program gerakan Datsun Rising Hope yang akan dilaksanakan hingga akhir April 2015.

Untuk mengubah tampilan mobil murah model MPV (Multi Purpose Vehicle) ini, Datsun Indonesia mempercayai rumah modifiksi asal Bandung, Signal Costum Built, dengan modifikatornya, Andre Muljadi.

Menurut Andre, untuk memodifikasi project yang dilakukan Datsun selama dua bulan itu, dirinya hanya memerlukan waktu kurang lebih satu bulan. Tampilan mencolok terjadi pada bagian interior dan bagian pintu.

"Pintunya jadi kebalik, Switch Side. Supaya jadi leluasa untuk anak-anak mengambil buku. Bukaan pintu juga bisa 90 derajat," ujar Andre di Jakarta, Kamis 29 Januari 2019.

Selain itu, Andre juga mengatakan, perubahan pada interior dilakukan dengan cara jok baris kedua dan ketiga diangkat, kemudian dipasangkan papan untuk dibuat rak buku.

"Semuanya dialasin pakai kulit, di belakang digunakan juga untuk mengambil buku," ucapnya.

Sementara pada bagian eksterior, Andre tidak melakukan perombakan. Hanya saja, untuk memberikan keceriaan kepada para pengunjung perpustakaan keliling bagian bodi ditempeli stiker dengan warna kuning dan biru muda, serta beberapa logo Yayasan 1001 buku.

Sisanya, kata Andre, mobil perpustakaan keliling ini masih original, seperi pada bagian baris depan termasuk tempat pengemudi, mesin dan juga kaki-kaki. (ren)

Baca juga:

Nissan-Datsun Perluas Jaringan hingga Aceh

Datsun Boyong Crossover Murah di GIIAS 2016
Mobil konsep Datsun GO-Cross.

Intip Penampakan Mobil Baru Datsun di GIIAS 2016

Datsun memboyong mobil konsep Go-Cross.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016